PERMODELAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA CV. CLEVER KIDS DENGAN MENGGUNAKAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

  • Arif Munandar Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Visual Basic.Net, Sistem Informasi Penjualan Pakaian, CV. Clever Kids, Perancangan Sistem Informasi Penjualan

Abstract

CV Clever Kids adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang  penjualan pakaian jadi. Saat ini sistem yang digunakan oleh CV Clever Kids masih secara manual sehingga file mudah rusak dan hilang. Kemudian di setiap departemen yang ada di CV Clever Kids belum terkelola dengan baik sehingga dalam setiap proses bisnis tidak bekerja secara efektif. Masalah lain yang menjadi kendala sering terjadi kesalahan dalam pencatatan data dikarenakan tidak adanya data surat jalan, tidak adanya data retur, tidak adanya data stok barang terubdate, dan minimnya data laporan barang. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan teknologi komputer untuk menggantikan sistem manual. Rapid Application Design (RAD) adalah sistem pengembangan yang peneliti gunakan mencangkup tahapan perencanaan, analisa, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pada tahap analisis perancangan sistem menggunakan pendekatan berorientasi objek untuk analisis (OOA). Pada tahap desain, menggunakan desain berorientasi objek (OOD) dan alat yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Visual Basic.Net  dan Mysql sebagai alat penyimpan datanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Romney, Marshall B. dan Steinbart, “Sistem Informasi Akuntansi”, Edisi 13, alihbahasa: Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari, Salemba Empat, Jakarta, 2015.

Krismiaji, “Sistem Informasi Akuntansi”, Unit Penerbit, Yogyakarta, 2015.

Sumarsono, “ Dasar-dasar Penjulan”, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2010.

Whitten, Jeffery L., Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman, “System Analisis and Design Methods”. 6th ed, New York: McGraw-Hill, 2004.

Rosa, A.S. dan Shalahudin M, “Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Obyek)”. Bandung: Modula, 2011.

Acep Angga, & Bunyamin, “Pengembangan aplikasi penjualan dan pembelian bahan bangunan di UD.Bagja Jaya menggunakan metodologi waterfall”, Vol. 12 No. 1, Garut, ISSN: 2302-7339, 2015.

Riandy, Huliyag,& Subiyanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Barang pada U.D Cendana Depok Townsquare”, 4 (1), 1 – 6, Jakarta, ISSN 1979-0767, 2011.

Suma Handaira Putri, & Herry Mulyono, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada UD Cakra Motor”, Vol. II, No. 4, Jambi, ISSN. 2528-0082, 2017.

Sukamto, & Shalahuddin, “Analisa dan Desain Sistem Informasi”, Yogyakarta: Andi, 2013.

Purba, H.H. (2008). Diagram fishbone dari Ishikawa. Retrieved from http://hardipurba.com/2008/09/25/diagram-fishbone-dari-ishikawa.html.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Munandar and L. Suryadi, “PERMODELAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA CV. CLEVER KIDS DENGAN MENGGUNAKAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 227-233, Jan. 2020.