PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) BERBASIS WEB STUDI KASUS: MIKA TOUR INDONESIA

  • Luthfiah Musa'ad Sistem Informasi
  • Yuliazmi Yuliazmi Sistem Informasi
Keywords: Electronic customer relationship managemet, e-crm, tour dan travel

Abstract

Mika Tour Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pariwisata, khususnya bidang Tour & Travel dimana keberhasilan perusahaan tak hanya terletak pada produk dan jasa yang ditawarkan melainkan juga dari sejauh mana perusahaan mampu menjalin hubungan dengan pelanggannya dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Perusahaan bersaing dalam mendapatkan pelanggan ataupun mempertahankan pelanggan yang setia. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengaplikasikan model Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yaitu strategi bisnis mengenai layanan dan software yang didesain untuk meningkatkan keuntungan, pendapatan perusahaan dan kepuasan pelanggan. Pada dasarnya perusahaan belum maksimal dalam menerapkan Customer Relationship Management sehingga sulit untuk mengetahui hasil dari kinerja kerja selama ini. Salah satu faktornya adalah karena sulitnya meningkatkan jumlah pelanggan baru dan melayani komplain pelanggan masih belum maksimal. Untuk itu penulis merancang sebuah sistem berbasis website yang dapat mendukung Customer Relatonship Management, hasil dari penelitian ini dapat menyelesaikan masalah yang dialami pada Mika Tour Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
L. Musa’ad and Y. Yuliazmi, “PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) BERBASIS WEB STUDI KASUS: MIKA TOUR INDONESIA”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 280-285, Nov. 2019.