PERANCANGAN APLIKASI INFOGRAFIS INTERAKTIF PENGENALAN FAKULTAS DAN JURUSAN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

  • Niila Madaniyya Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Mohamad Salman Alfarisi Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Infografis Interaktif, Media Informasi, Media Promosi, Multimedia Interaktif, Infografis Penerimaan Mahasiswa Baru

Abstract

Desain aplikasi ini dimaksudkan sebagai sebuah terobosan baru dalam media informasi dan promosi. Media promosi dan informasi dirancang dengan menggunakan infografis interaktif yang padat informasi tetapi menarik dan tidak membosankan. Dalam memproses sebuah informasi secara visual seperti lewat penggunaan ilustrasi, infografis dan video, otak manusia akan lebih cepat memproses informasi bahkan sampai 60.000 lebih cepat dan akan meningkat 20% daripada sekedar menggunakan teks dan foto saja. Dalam penelitian ini, aplikasi infografis interaktif dibuat sebagai wadah informasi dan promosi terkait fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Budi Luhur yang bertujuan untuk dapat menarik banyak pendaftar untuk kuliah di Universitas Budi Luhur. Bedasarkan penelitian pada bagian Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Budi Luhur, belum diterapkannya media informasi dan promosi yang dengan menggunakan multimedia interaktif. Metode yang digunakan penulis adalah observasi dan wawancara terhadap pihak Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Budi Luhur dan studi pustaka. Media yang digunakan merupakan gabungan dari tulisan, gambar, video, animasi, interaktifitas serta musik sehingga menghasilkan suatu program yang disebut multimedia interaktif. Hasil dari penulisan laporan ini berupa infografis interaktif pengenalan fakultas dan jurusan yang terdapat di Universitas Budi Luhur dalam bentuk format exe dan swf. Selain itu, penulis membuat Stationary berupa notebook spiral dan Merchandise berupa stiker.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Resnatika, Ajeng., Sukaesih. and Kurniasih, Nuning.Peran Infografis Sebagai Media Promosi Dalam Pemanfaatan Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. 6(2), 2018, pp. 187.

Saptodewo, Febrianto.Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain. 1(3), 2014,pp. 194-195.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
N. Madaniyya and M. Alfarisi, “PERANCANGAN APLIKASI INFOGRAFIS INTERAKTIF PENGENALAN FAKULTAS DAN JURUSAN UNIVERSITAS BUDI LUHUR”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 301-306, Jan. 2020.