PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PENAMBAHAN FUNGSIONAL APLIKASI STUDI KASUS PT JARI SOLUSI INTERNATIONAL

  • fadila hasana Sistem Informasi
  • Humisar Hasugian
Keywords: fungsional, aplikasi, sistem penunjang keputusan

Abstract

PT Jari Solusi International merupakan startup yang fokus pada product development berbasis android dan web dengan teknologi cloud. Saat ini Jari berkonsentrasi pada solusi mobile pekerjaan lapangan. Customer dari PT Jari Solusi International adalah perusahaan yang umumnya bergerak di bidang finance dan keuangan. Banyaknya fungsional usulan atau keluhan dari customer yang akan diselesaikan dengan fungsional baru untuk aplikasi tidak semuannya PT Jari Solusi International dapat menambahkan fungsional tersebut ke aplikasi. PT Jari Solusi Harus mempertimbangkan fungsional apa yang memang harus ditambahkan untuk aplikasi. Tetapi penambahan fungsional aplikasi sulit dilakukan karena tidak diketahuinnya fungsional yang dibutuhkan oleh customer saat ini, selain itu dalam proses penambahan fungsional aplikasi akan melibatkan beberapa bagian, yaitu development dan pemasaran. Karena banyak pihak yang terlibat, sulit mengadakan diskusi dimana semua pihak yang berkaitan dapat hadir. Hal lainnya yang mengakibatkan sulitnya penambahan fungsional baru aplikasi adalah dalam penambahan fungsional aplikasi tidak memiliki ketentuan-ketentuan yang tetap untuk digunakan sebagai acuan penambahan fungsional aplikasi. Jadi dibutuhkan sistem penunjang keputusan penambahan fungsional aplikasi yang penetapan bobotnya akan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) serta penilaian fungsional usulan akan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dari pengujian yang sudah dilakukan maka dihasilkan sebuah sistem penunjang keputusan penambahan fungsional usulan aplikasi dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW ) untuk membantu dalam proses penambahan fungsional baru aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
fadila hasana and H. Hasugian, ‚ÄúPENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PENAMBAHAN FUNGSIONAL APLIKASI STUDI KASUS PT JARI SOLUSI INTERNATIONAL‚ÄĚ, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 422-428, Nov. 2019.