IMPLEMENTASI DECISION SUPPORT SYSTEM PENILAIAN KINERJA GURU TERBAIK DI SDN KEBAYORAN ALAMA SELATAN 17 PAGI DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) & SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Novi Siti Sopiah Sistem Informasi
  • Anita Diana
Keywords: decision support system, AHP, SAW, guru terbaik

Abstract

Guru adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mempunyai tugas mengajar untuk membantu para siswa dalam mencapai pembelajaran yang baik. Penilaian kinerja guru adalah proses analisis dalam rangka menghasilkan pengajaran yang berkualitas. Kualitas belajar mengajar dan standar akademik perlu dievaluasi dan ditingkatkan, karena pendidikan sangat penting bagi kita semua. Oleh karena itu, SDN Kebayoran Lama Selatan 17 Pagi membutuhkan sistem penunjang keputusan yang bersifat objektif dan terstruktur, agar hasil yang diperoleh dapat sesuai dengan harapan dan dapat meningkatkan kualitas dan mutu guru agar tercapai dengan baik. Sistem yang akan dibuat ini yaitu menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot dan metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menentukan penilaian kinerja guru terbaik dengan menghasilkan perankingan alternatif. Dengan membuatnya sistem penunjang keputusan ini, diharapkan dapat membantu Kepala Sekolah SDN Kebayoran Lama Selatan 17 Pagi dalam menentukan guru terbaik sehingga menghasilkan keputusan maksimal, tepat dan sehingga bisa dipertanggunggung jawabkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
N. Sopiah and A. Diana, “IMPLEMENTASI DECISION SUPPORT SYSTEM PENILAIAN KINERJA GURU TERBAIK DI SDN KEBAYORAN ALAMA SELATAN 17 PAGI DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) & SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 223-230, Nov. 2019.
Section
Decision Support System