PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENUNJANG PENJUALAN PRODUK SESERAHAN STUDI KASUS :
TOKO SESERAHAN INDIES
Abstract
Toko Seserahan Indies adalah sebuah badan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan produk seserahan dan paket (box+isi). Penjualan pada Toko Seserahan Indies bisa dilakukan secara datang ke toko atau melalui media instagram. Masalah yang terjadi dalam proses penjualan saat ini adalah pengolahan data masih berupa tulis tangan sehingga menyebabkan layanan penjualan belum efektif, seperti kesalahan dalam pencatatan pemesanan yang dapat menurunkan nilai penjualan dan sering terjadi kehilangan data penjualan, tidak adanya laporan data stock mengakibatkan sulitnya mengetahui ketersediaan produk, kurang maksimal dalam menggunakan media sosial untuk mempromosikan sebuah produk, dan customer sulit mengetahui informasi produk sesuai dengan kategorinya. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih saat ini, sangat mungkin untuk mempermudah penjualan menjadi lebih efisien. Hal tersebut menjadi sebuah peluang untuk menangani masalah pada Toko Seserahan Indies. Dengan membuat sebuah website E-Commerce ini memanfaatkan teknologi yang ada, bisa memberikan dampak positif bagi Toko Seserahan Indies dan customer sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan para usaha lainnya. Peneliti menganalisa model bisnis pada Toko Seserahan Indies dengan Business Model Canvas (BMC), analisis dan perancangan sistem E-Commerce menggunakan pendekatan Object-Oriented Analysis and Design (OOAD), serta mengimplementasikan dengan menggunakan Content Management System (CMS) menggunakan plugin Woocommerce. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi E-Commerce yang dapat mempermudah proses pemesanan, pembayaran, pengiriman, pengelolaan stok produk, serta pembuatan laporan pada Toko Seserahan Indies.