ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMA SUMPAH PEMUDA JAKARTA BARAT DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

  • Ririn Wastiani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bruri Trya Sartana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru, Metodologi Berorientasi Obyek, SMA Sumpah Pemuda, Sistem Informasi PMB, Sistem Informasi Berbasis Desktop

Abstract

SMA Sumpah Pemuda Jakarta Barat adalah sekolah yang didirikan pada tahun 1995 dan dipimpin oleh Bapak Muhamad Husni, Se, Mm. Sekolah ini memiliki jumlah 38 kelas yang diisikan oleh 927 siswa/i dan memiliki jumlah 24 guru.Masalah yang terjadi sekolah yaitu mengalami kesulitan dalam proses pencarian data siswa dengan cepat dikarenakan data siswa yang   sering terselip sehingga proses pencarian data siswa menjadi lambat, kemudian proses arsip data siswa baru yang memakan waktu lama dikarenakan data arsip yang tidak rapi sehingga keterlambatan dalam proses arsip data, lalu pengolahan data pembayaran yang kurang baik dikarenakan terdapat kesalahan dalam pencatatan data pembayaran sehingga informasi yang dihasilkan kurang akurat dan pembuatan laporan yang membutuhkan waktu lama dikarenakan harus mengumpulkan arsip satu per satu sehingga pembuatan laporan menjadi terhambat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penulis mencoba mengusulkan dengan merancang sebuah sistem informasi penerimaan peserta didik baru dengan bahasa developer program Microsoft Visual Studio 2008 dan penyimpanan data demgam MySql. Adapun metodologi yang digunakan yaitu metodologi berorientasi obyek. Penulis berharap dengan adanya rancangan sistem informasi penerimaan peserta didik baru yang lebih terkomputerisasi dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Saputra, Mulyadi, dan Martono, “Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada SMKN 6 Muaro Jambi”. Jurnal Media SISFO, vol 1, no. 2, 2014.

Susana Eviyani, Syafrika Deni Rizki dan Mutiana Pratiwi, “Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada SMPN 34 Kabupaten Tebo”. Jurnal Teknologi, vol 3, no. 4, 2016.

Sri Mulyani, Metode Analisis Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika, 2016.

AS Rosa, M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.

Heizer, Render, Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat., 2014.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
R. Wastiani and B. Sartana, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SMA SUMPAH PEMUDA JAKARTA BARAT DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 234-240, Jan. 2020.