ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) UNTUK PELAYANAN PELANGGAN PADA AHASS SAFA MOTOR

  • Dodi Restiadi Sistem Informasi
  • Yuliazmi Yuliazmi Sistem Informasi
Keywords: e-crm, bengkel

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini telah memasuki semua aspek kehidupan. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengguna komputer, baik untuk kepentingan perusahaan atau bisnis sampai kepada hal-hal yang bersifat hiburan dan Pendidikan. Pesatnya perkembangan bisnis yang mengadaptasi teknologi informasi, mendorong terjadinya persaingan bisnis, Setiap pelaku bisnis bersaing untuk merebut pangsa pasar dan meraih pelanggan yang mau menggunakan produk atau jasa dari perusahaannya. Bengkel Ahass Safa Motor adalah salah satu franchise PT Wahana Makmur Sejati yang bergerak dibidang jasa yaitu perbaikan motor khususnya untuk motor-motor produksi dari Honda. Dalam satu hari Ahass Safa Motor menangani rata-rata seratus pelanggan. Dengan banyaknya jumlah pelanggan, tentu dibutuhkan pengelolaan yang baik, pada saat ini hubungan antara Ahass Safa Motor dengan pelanggan hanya terjalin di bengkel. Dengan pengimplementasian E-CRM pada Ahass Safa Motor akan sangat membantu dalam mengelola data pelanggan dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan pada Ahass Safa Motor. Customer Relationship Management merupakan suatu strategi yang digunakan perusahaan dalam menjalin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, hal ini ditujukan agar pelanggan merasa puas atas layanan yang diberikan oleh perusahaan dan pada akhirnya menjadi pelanggan tetap dari perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
D. Restiadi and Y. Yuliazmi, “ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) UNTUK PELAYANAN PELANGGAN PADA AHASS SAFA MOTOR”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 436-441, Nov. 2019.