PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK MENENTUKAN KINERJA KARYAWAN TERBAIK PADA PT.ARMORINDO ARTHA

  • Hiysam Ash Shiddigie Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW), SPK Penentuan Kinerja Karyawan Terbaik, PT. Armorindo Artha, SPK Karyawan Terbaik

Abstract

Karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang harus dikelola dengan baik, karyawan bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan proses bekerja pada suatu perusahaan. PT. ARMORINDO ARTHA merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang Cash In Transit dan Cash Management Service. Cash In Transit adalah pengangkutan uang tunai dari suatu titik ke titik lainnya atau pengisian uang tunai ke dalam mesin ATM, sedangkan Cash Management Service adalah pemeliharaan mesin ATM, penggantian kertas transaksi, pengambilan kartu ATM yang tertelan dan sebagainya. Untuk meningkatkan suatu perusahaan maka dilakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan. Masalah yang terjadi pada evaluasi kinerja karyawan adalah proses pengambilan keputusan kinerja karyawan kurang akurat, karena belom terdapat metode perangkingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem penunjang keputusan karyawan terbaik menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian ini di uji dengan 5 data alternatif dengan hasil urutan pertama 0.9788, urutan kedua 0.9683 dan ketiga 0.9268. Sistem penunjang keputusan penentuan kinerja karyawan terbaik yang dibuat dapat membantu dalam melakukan penilaian kinerja karyawan lebih tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Turban, J. E. Aronson, And T.-P. Liang, “Decision Support Systems And Business Intelligence,” Decis. Support Bus. Intell. Syst. 7/E, Pp. 1–35, 2007.

P. Setiaji, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro Dan Ilmu Komput., Vol. 1, No. 1, P. 59, 2013.

N. Chafid And N. Harianto, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Karyawan Grade Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighthing ( Saw ),” Pros. Semin. Nas. Inov. Teknol., Pp. 131–140, 2017.

A. G. Anto, H. Mustafidah, And A. Suyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Saw ( Simple Additive Weighting ),” Juita, Vol. Iii, No. November, Pp. 193–200, 2015.

H. Murdianto, D. M. Khairina, And H. R. Hatta, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Per Triwulan Pt.Cahaya Fajar Kaltim Pltu Embalut Tanjung Batu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” Pros. Semin. Ilmu Komput. Dan Teknol. Inf. , Vol. 1, No. 1, Pp. 24–29, 2016.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
H. Shiddigie and I. Novita, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK MENENTUKAN KINERJA KARYAWAN TERBAIK PADA PT.ARMORINDO ARTHA”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 367-374, Jan. 2020.