IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PEMASARAN PRODUK PADA LUMI DISTRO DENGAN PENDEKETAN BUSINESS MODEL CANVAS

  • Gusti Adia Pamungkas Noor Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Business Model Canvas (BMC), Lumi Distro, E-Commerce Distro

Abstract

Melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, kebutuhan teknologi informasi telah menjadi kebutuhan utama untuk masyarakat. Salah satu aplikasi diinternet yang dibuat, untuk mendukung kebutuhan didalam dunia bisnis. Saat ini E-Commerce menjadi salah satu cara dalam proses peningkatan penjualan didalam suatu bisnis. Lumi Distro merupakan konsep distro yang menjual berbagai macam baju, jaket, celana, tas, sepatu dan berbagai macam aksesoris. Saat ini Lumi Distro hanya membuka toko fisik untuk melayani pelanggan sehingga penjualan hanya didapat dari pengunjung distro. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi alternatif kepada Lumi Distro dengan membuat website e-commerce agar penjualan semakin meningkat karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Metode yang digunakan dalam pembuatan e-commerce ini menggunakan metode Beriorientasi Objek dan implementasi sistem e-commerce menggunakan Content Management System (CMS). Metode analisis yang digunakan ini menggunakan Business Model Canvas (BMC) bertujuan untuk strategi distro supaya penjualan dapat tersusun dengan baik dan maksimal. Dengan dibuatnya website e-commerce pada Lumi Distro akan menghasilkan peningkatan penjualan yang lebih maksimal dan pemasaran akan meluas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Himawan, A. Saefullah and S.Santoso, "Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif," Scientific Journal of Informatics, 1(1), pp. 53–63, 2014.

A. Wahana, "Rancang Bangun Marketplace Produk Kewirausahaan Mahasiswa UPY Berbasis Content Management System," Jurnal Dinamika Informatika, 7(1), pp. 73–81, 2018.

D. Manulang, L. A. Abdillah and Kurniawan, "Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Menggunakan CMS Wordpress pada Toko Soraya Shop dengan Menerapkan Metode RAD," SHaP-SITI, pp. 7–12, 2017.

M. Bagindo, B. Sanim, and I. T. Saptono, "Model Bisnis Ekowisata di Taman Nasional Laut Bunaken dengan Pendekatan Business Model Canvas," Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(1), pp. 80–88, 2016.

A. Jackson and D. Harjanti, "Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas," Agora, 3(1), pp. 8–16, 2015.

A. Hendini, "Pemodelan UML sistem informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak)," Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), pp. 107–116, 2016.

U. Rahardja, R. I. T. Wijaya and E. N. Dewi, "Peningkatan Rank Alexa Menggunakan Metode Seo Untuk Meningkatkan Web Visitor Pada Official Site Ilearning Plus," Jurnal CCIT, 10(1), pp. 1–15, 2016.H. Himawan, A. Saefullah and S.Santoso, "Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif," Scientific Journal of Informatics, 1(1), pp. 53–63, 2014.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
G. Adia Pamungkas Noor and S. Samsinar, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PEMASARAN PRODUK PADA LUMI DISTRO DENGAN PENDEKETAN BUSINESS MODEL CANVAS”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 552-559, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)