PENERAPAN E-COMMERCE PADA WEBSITE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA ICHIRO

  • Abid Ulya Aziz Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: content management system, Ichiro Motor, E-Commerce, Penjualan Sparepart, Bengkel Motor

Abstract

Penggunaan sistem e-commerce dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, produsen maupun penjual. Dalam Konsep online shopping ini mengadakan banyak fasilitas dan kelebihan jika dibandingkan dengan rancangan belanja yang konvensional. Pada toko sparepart sekaligus bengkel motor, Ichiro Motor saat ini hanya menerapkan konsep belanja yang konvensional. Dimana penjualannya hanya berdasarkan pelanggan dengan cara mendatangi langsung Ichiro Motor dan dalam melakukan promosi pihak Ichiro Motor masih menggunakan selembaran pamflet yang akan dirasakan kurang menyuguhkan informasi yang sangat tepat mengenai produk yang akan ditawarkan kepada para konsumen. Selain itu juga, dalam pembukuan untuk pembuatan laporan rekapitulasi penjualan masih dilakukan secara manual hingga pengolahan data laporan penjualan masih lambat dan belum terperinci dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka di rancang website e-commerce berbasis content management system yang akan mudah digunakan. Adapun pendekatan yang digunakan penulis yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah website penjualan yang berbasis content management system dapat digunakan pada media promosi dan meningkatkan penjualan serta memasarkan produk secara luas, dan juga website yang dapat mudah di gunakan baik dari sudut pandang pelanggan maupun admin, pada Website Berbasis Content Management System di Ichiro Motor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, E.Y., Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: ANDI, 2017.

Tenia Wahyuningrum, Dwi Dwi Januarita, ‘Implementasi dan Pengujian Web E-commerce untuk Produk Unggulan Desa’, 2015, 57-66.

Dewi, S.K., & Garside, A. K. , Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Penjualan Pada Home Industry, 2014.

Siregar, H. F. and Siregar, Y. H., ‘Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia’, 2, 2018, pp. 113–121.

Davis, G. B. , Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Palembang: Maxikom, 2013.

Muhammad, & Ropianto, Pemahaman Penggunaan Unified Modelling Language . JT-IBSI, 1, 2016.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Aziz and L. Hin, “PENERAPAN E-COMMERCE PADA WEBSITE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA ICHIRO”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 139-144, Jan. 2020.