IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PADA TOKO UNA BABY

  • Sufyan Aris Saputra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Content Management System, Penjualan Pakaian Bayi, Penjualan Perlengkapan Bayi, Toko Una Baby

Abstract

Toko Una Baby merupakan salah satu badan usaha yang berfokus dalam bidang penjualan pakaian dan perlengkapan bayi. Di zaman yang sudah umumnya canggih seperti ini terutama dari sisi IT, Toko Una Baby mencoba memanfaatkan fasilitas E-Commerce. Keadaan saat ini, pelanggan yang ingin membeli pakaian dan perlengkapan bayi di Toko tidak bisa melihat daftar produk yang tersedia sehingga kurang mendapatkan informasi. Pelanggan memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan transaksi pemesanan karena hanya bisa dilakukan pada waktu jam kerja. Pada penelitian ini penulis mengimplementasikan menggunakan Content Management System (CMS) dengan metode pengembangan sistem Waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengidentifikasi masalah yang terjadi, sistem E-Commerce mampu menyediakan beberapa fitur fungsional yang lebih memudahkan pelanggan dalam proses transaksi pembelian produk di Toko Una Baby dan dalam waktu yang lebih lama lagi. Penulis berharap dengan diciptakannya website berbasis E-Commerce ini mampu memaksimalkan pendapatan dari hasil penjualan produk dan mempromosikan nama Toko kepada pelanggan dalam jarak yang lebih luas lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syahriani., 2017, Penerapan Sistem Informasi E-Commerce Pakaian dan Perlengkapan Bayi. Jakarta, STMIK Nusa Mandiri, pp77-82.

Hasugian, H., Salma, V., 2017, Pemodelan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Repair Modem dan Penjualan Modul VSAT Pada PT. Paradise Communications Berbasis Object Oriented Menggunakan Unified Modeling Language. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017, pp49-55.

Royan, Frans, 2015, Bisnis Model Kanvas Distributor Mematenkan Kinerja Optimal Distributor dan 30 Kesalahan Yang Dilakukan, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, p12.

Suryanto, S.P., Pattiasina, T.J., Soetarmono, Anggya, 2017, Perancangan dan Pengembangan Toko Online Dengan Metode Interaction Flow Modelling Language, 6(1), p8.

Rahman, S, 2018, Cara Mudah Menghasilkan Website Terbaik Untuk Usaha Online, Jakarta, PT Elex Media Komputindo, p12.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
S. Saputra and H. Hasugian, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PADA TOKO UNA BABY”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 214-219, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)