SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PADA PT TELKOM INDONESIA,TBK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

  • Khafistia Hayyu Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • DENI MAHDIANA Sistem Informasi
Keywords: Karyawan, Analythic Hierarchy Process, Simple Additive Weighting, Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

Karyawan merupakan salah satu komponen yang penting dalam perusahaan. Karyawan  yang berkomitmen dan mempunyai kemampuan  yang baik dalam segala  pekerjaan sangat mendukung pada kegiatan operasional perusahaan. PT. Telkom Indonesia  adalah salah satu lembaga pemerintah dalam bidang komunikasi. Mengingat pentingnya pemahaman tentang tugas, peran dan tanggung jawab karyawan, perlu  adanya pemilihan karyawan terbaik. Permasalahan yang  hadapi pada sistem yang berjalan PT.Telkom  saat ini adalah  tidak menggunakan metode  untuk pembobotan nilai dalam pemilihan karyawan terbaik.Belum adanya perangkingan dalam menentukan karyawan terbaik, pengolahan data lambat karena proses penilaian masih menggunakan microsoft excel. Untuk itu, maka penulis mempergunakan metode  Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mendapakan bobot kriteria.. yaitu dengan perbandingan antar kriteria  serta penggunaan  metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukkan ranking  karyawan terbaik . Laporan yang dihasilkan adalah Laporan Hasil Kepuusan Karyawan terbaik. Aplikasi penunjang keputusan yang dibangun Pada PT.Telkom  dengan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio 2008 dan Akhir Penelitian ini bertujuan agar aplikasi Sistem Penunjang Keputusan mampu memberikan solusi  dalam pengambilan keputusan pemilihan karyawan terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
K. Hayyu and D. MAHDIANA, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PADA PT TELKOM INDONESIA,TBK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 456-461, Nov. 2019.
Section
Decision Support System