IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO JHM HERBAL

  • Anggi Praya Hasibuan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Dian anubhakti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Content Management System, Toko JHM Herbal, Business Model Canvas (BMC), E-Commerce Produk Herbal

Abstract

Toko JHM Herbal adalah toko yang menjual beraneka ragam produk untuk kesehatan tubuh berupa produk herbal seperti kurma, madu, susu kambing dan lain sebagainya. Toko JHM Herbal masih menggunakan sistem manual dalam proses penjualan produk yaitu pelanggan harus datang langsung ke toko untuk melihat, membeli dan melakukan transaksi pembayaran. Hal ini membuat penjualan produk kurang optimal karena penjualan produk terbatas pada pelanggan yang berada di sekitar toko saja. Oleh sebab itu, penulis membuat suatu sistem E-Commerce menggunakan Content Management System (CMS) dengan metode Business Model Canvas (BMC) untuk diterapkan pada toko JHM Herbal. Hadirnya E-Commerce sebagai media transaksi jual beli pada Toko JHM Herbal memberikan keuntungan antara lain: memperluas pemasaran produk karena dapat diakses oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja, memudahkan dalam memberikan informasi produk yang dipasarkan, memudahan proses transaksi pembayaran, meningkatkan penjualan produk, dan mempermudah dalam pembuatan laporan penjualan toko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, G., Wirdyaningsih., Barlinti, Y.S., Hukum Perikatan Islam di Indonesia, Depok, Prenada Media, p.180, 2018.

Abdulloh, R., Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol, Jakarta, Elex Media Komputindo, p.1, 2016.

Krisianto, A., Jago WordPress, Jakarta, Elex Media Komputindo, p.1, 2014.

Royan, F.M., Bisnis Model Kanvas Distributor, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, p.1, 2014.

Mulyani, S. dkk, Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi Di Sektor Publik: Panduan Praktis Analisis dan Perancangan Implementasi SIA di Sektor Publik, Bandung, Unpad Press, p.54, 2019.

Mulyani, S. dkk, Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi Di Sektor Publik: Panduan Praktis Analisis dan Perancangan Implementasi SIA di Sektor Publik, Bandung, Unpad Press, p.41, 2019.

Mulyani, S., Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML), Bandung, Abdi Sistematika, p.101, 2017.

Triandini, E., Suardika, I G., Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML, Yogyakarta, Andi Offset, p.71, 2012.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Hasibuan and D. anubhakti, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO JHM HERBAL”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 157-163, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)