ANALISA DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA BBDC SCREEN PRINTING DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM

  • Andi Surya Syach Alam Mannaungi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Business Model Canvas, Toko BBDC Screen Printing, Content Management System, Object-Oriented Analysis and Design

Abstract

Perkembangan bisnis fashion yang terjadi saat ini membuat banyak masyarakat yang menginginkan kaos-kaos atau jaket yang mempunyai harga murah dengan kualitas yang bagus. Hal tersebut memicu banyak perkembangan toko – toko atau jasa sablon baju seperti toko BBDC Screen Printing. Selain focus pada penjualan jasa sablon baju, toko tersebut juga menyediakan kaos dan jaket ada juga totebag. Beberapa permasalahan yang terjadi di Toko BBDC Screen Printing antara lain masih menggunakan toko fisik sebagai tempat promosi yang mengakibatkan ruang promosi menjadi yang sangat terbatas, letak toko yang kurang strategis menyebabkan banyak pelanggan yang kesulitan mendatangi toko, kesulitan untuk mengetahui informasi pendapatan berkala dan pengolahan transaksi masih dilakukan dengan cara tertulis dan pembukuan biasa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti memberikan solusi dengan pembuatan sistem e-commerce menggunakan content management system dengan tool berupa wordpress. Peneliti menggunakan metode Business Model Canvas untuk menganalisis model proses bisnis perusahaan, analisis dan desain sistem e-eommerce menggunakan pendekatan Object-Oriented Analysis and Design. Dengan implemetasi prototype e-commerce ini,peneliti berharap ada peningkatan penjualan, ruang promosi yang luas, dan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi pada toko BBDC Screen Printing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutabri, Tata. “Analisis Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi. 2012.

Turban, E., K, D., Lee, J., Liang, T. P., & Turban, D. “Electronic Commerce.7th Edition. United States: Pearson”. 2012.

Hastanti, R. P., Purnama, B. E., & Wardati, I. U. Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Bianglala Informatika, 2015. III(2), 1-9.

Nugraha, A., & Octasia, A. Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis E-Commerce. SNIPTEK, 2016. 299-302.

Susandi, D., & Sukisno. Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented Pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi, 2017. IV, 5-8.

Hamdani, Agus Umar dan Mubarak, Rakha Luri. “Model E-Commerce Dengan Metode Web Engineering Method Untuk Menunjang Pemasaran Produk Pada XYZ Pet Shop”, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2019, 2019. ISBN : 978-979.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Mannaungi and A. Hamdani, “ANALISA DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA BBDC SCREEN PRINTING DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 498-503, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)