PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK PADA UNIT PENGELOLA GRAHA RAYA STUDI KASUS PERUSAHAAN PROPERTI

  • Raka Fitra Pradana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Joko Sutrisno Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Simple Additive Weighting (SAW), SPK Pemilihan Pegawai Terbaik, Pemilihan Pegawai Terbaik, Sistem Penunjang Keputusan, Unit Pengelola Graha Raya

Abstract

Kinerja pegawai  yang kompeten dan produktif merupakan idaman bagi setiap perusahaan  dengan melakukan pengolahan sumber daya manusia yang optimal, pegawai yang mempunyai kinerja kompeten dan produktif dapat membantu perusahaan dalam bersaing , Untuk menciptakan kinerja pegawai yang kompeten dan produktif penerapan penghargaan atas  pegawai terbaik menjadi salah satu cara untuk menciptakan persaingan yang sehat. Penghargaan pegawai terbaik berdasarkan penilaian kinerja pegawai yang diukur melalui beberapa kriteria yang memenuhi standar, dengan menerapkan sistem penunjang keputusan   diharapkan membantu dalam penilaian dengan baik. Sistem yang akan dibuat ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot kriteria dan metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menentukan pegawai terbaik dengan menghasilkan perankingan alternatif. Dengan adanya sistem penunjang keputusan ini, diharapkan dapat membantu pengambil keputusan dalam menentukan pegawai terbaik sehingga menghasilkan keputusan maksimal dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Turban, Decission Support System and Intelligent System, 9th ed. Upper Saddle River: NJ. Prentice Hall, 2010.

Turban, Decision Support Systems and Intelligent Systems, 6th ed. Upper Saddle River: NJ. Prentice Hall, 2001.

Sukenda and Z. P. Afrizone, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Kendaraan Bekas Dengan Menggunakan Metode Analitic Hierarchy Process (AHP),” 2012.

T. L. Saaty, Decision making for leaders: the analytic hierarchy process for decisions in a complex world. RWS publications, 1990.

Marimin and N. Maghfiroh, Aplikasi Teknis Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: IPB Press, 2010.

S. Kusumadewi, Fuzzy Multi-Attribut Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
R. Pradana and J. Sutrisno, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK PADA UNIT PENGELOLA GRAHA RAYA STUDI KASUS PERUSAHAAN PROPERTI”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 504-510, Jan. 2020.