PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA ONLINE SHOP FLANELIS

  • Aunul Fuad Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Safitri Juanita Sistem Informasi
Keywords: E-Commerce, Jurnal E-Commerce, Business Model Canvas, Online Shop Flanelis, CMS Wordpress, E-Commerce Fashion, Meningkatkan Penjualan Online, Content Management System

Abstract

Online shop Flanelis merupakan salah satu penjualan online yang bergerak pada fashion wanita remaja hingga dewasa. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, penulis menemukan permasalahan yang terjadi diantaranya kurang dari segi pemasaran dikarenakan online shop Flanelis baru menggunakan beberapa sosial media saja dalam menjual produk dan belum adanya laporan yang bisa dicetak melalui sistem sehingga pemilik online shop flanelis hanya menyimpan catatan penjualan berupa chat atau bukti transfer berbentuk foto yang tersimpan di aplikasi sosial media WhatsApp dan Line. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penjualan online shop Flanelis dan dengan dibuatkannya website berbasis E-Commerce ini pelaku usaha dapat mencetak laporan dengan akurat. Adapun metode penelitian yang digunakan seperti wawancara, observasi, analisa dokumen dan studi literature, dan mengimplementasi E-Commerce dengan menggunakan CMS (content management system) WordPress. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan dibuatkannya E-Commerce membantu online shop Flanelis untuk membuat pemasaran yang lebih luas lagi, mencetak laporan dengan cepat juga akurat dan menyediakan website sendiri, untuk mengoptimalkan website ini harus dilakukan pelatihan kepada admin yang akan mengelola, maintenance secara berkala untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas juga diperlukannya promosi sebagai salah satu strategi pemasaran pada website Flanelis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prasetyo & Widodo, “Anteseden Kepercayaan Pengguna Pada Penawaran E-Commerce dan Konsekuensinya Terhadap Niat Beli,” E-Proceeding of Management, vol.4, pp. 1429–1436, 2017.

Irma & Suryani, “Perancangan E-commerce Batik Pada Batik Banten,” Teknik Informatika, vol.2, pp. 66–81, 2018.

Nugraha & Octasia, “Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis WEB Pada Distro Sickness Berbasis E-commerce,” SNIPTEK, vol.3, pp. 299–302, 2016.

Prasetyo, “Rancangan Bangun Sistem Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmanyah Kabupaten Musi Banyuasin Berbasis Website,” Informatika, vol.1, pp. 19–30, 2015.

Irma & Suryani, “Perancangan E-commerce Batik Pada Batik Banten,” Teknik Informatika, vol.2, pp. 66–81, 2018.

Handoko & dkk “ Pembuatan Website Pada UPT Pusat Kesehatan Masyarakat Desa Kalak,” Evolusi, vol.4, pp. 83–90, 2016.

Halilintar & Dony, “Implementasi SEO ( Search Engine Optimization ) Pada Website AGC ( Auto Generated Content ) Untuk Meningkatkan SERP ( Search Engine Result Page ),” Teknologi Informasi, vol.3, 13–18, 2018.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Fuad and S. Juanita, “PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA ONLINE SHOP FLANELIS”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 511-518, Jan. 2020.