ANALISIS DAN PENERAPAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE (E-COMERCE) PADA TRUSTWORTHY_ID STUDI KASUS: TOKO SEPATU TRUSTWORTHY_ID TANGSEL

  • Muhamad Dikhi Rohman Mahasiswa
  • Gandung Triyono
Keywords: Sistem Informasi, Penjualan Online, E-commerce

Abstract

TRUSTWORTHY_ID merupakan unit usaha yang menjual produk sepatu casual, sneakers dan sports, promosi yang ada masih menggunakan kertas, dan saluran whatshapp. Sampai saat ini TRUSTWORTHY_ID cara penjualannya menggunakan konvensional kuno dan proses pemindahan transaksi dari jurnal ke buku besar. Maka peneliti menerapkan atau membuat aplikasi penjualan online (e-commerce) yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, memangkas biaya promosi, validnya membuat laporan, tidak terbatas oleh ruang dan waktu sehingga mempermudah transaksi antara pelanggan dan TRUSTWORTHY_ID. Tujuan penelitian ini  sebagai permasalahan penjualan produk yang dilakukan secara manual menjadi terkomputerisasi dan berbasis online melalui e-commerce. Dirancangnya sistem informasi penjualan secara online yang memanfaatkan teknologi diharapkan dapat mendukung penjualan yang lebih efisien dan berdampak positif pada tingkat penjualannya karena mampu bersaing dengan toko yang lain. Cara pengimplementasianya, peneliti menggunakan PHP, database MySQL yang di manajemen PhpMyAdmin, metode Prototype dan pengujiannya dilakukan menggunakan Black Box Testing. Diharapkan dengan rancangan e-commerce ini, dapat membantu melesaikan masalah yang ada di TRUSTWORTHY_ID. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan model e-commerce yang mampu memperluas promosi dan mempermudah pelanggan dalam membeli produk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
M. Rohman and G. Triyono, “ANALISIS DAN PENERAPAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE (E-COMERCE) PADA TRUSTWORTHY_ID STUDI KASUS: TOKO SEPATU TRUSTWORTHY_ID TANGSEL”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 107-113, Nov. 2019.
Section
E-Business/E-Commerce