PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MEMPERLUAS AREA PEMASARAN DAN MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UKM KREASI SUDIMARA PINANG
Abstract
UKM Kreasi Sudimara Pinang merupakan sebuah usaha yang memproduksi produk kerajinan tangan dengan menggunakan bahan daur ulang. Saat ini, UKM Kreasi Sudimara Pinang sudah melakukan penjualan melalui sosial media yaitu instagram, tetapi penjualan masih belum maksimal karena data yang dimiliki belum dikelola dengan baik, jangkauan area pemasaran yang sempit dan sulitnya mendapatkan informasi mengenai produk. Oleh karena itu UKM Kreasi Sudimara Pinang membutuhkan sistem e-commerce untuk dapat meningkatkan penjualan, dan data yang dimiliki dapat dikelola dengan baik agar data yang dihasilkan akan lebih akurat dan detail. Metode penelitian yang digunakan antara lain pengumpulan data, kerangka penelitian dan metodologi analisis. Diharapkan dengan adanya penerapan e-commerce ini, dapat terjadi peningkatan penjualan pada UKM Kreasi Sudimara Pinang.