ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS OBJECT ORIENTED PADA CV. ZONA INTERNATIONAL PEOPLE

  • Rusdan Hadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: CV. Zona International People, Unified Modeling Language(UML), Sistem Informasi Penjualan ATK

Abstract

CV. Zona International People perusahaan yang usahanya bergerak di bidang penjualan ATK. Perusahaan berlokasi di Kh.Mukmin Rt,004/009,Benda tangerang, Banten. Dalam menjalankan usahanya yang berjalan saat ini dalam hal pengolahan data, CV. Zona International People menggunakan cara pengolahan data tradisional, data dicatat menggunakan tulisan tangan. Tentu kalau dilihat sepintas cara ini baik namun tidak sesuai dengan perkembangan jaman padahal pesaing sudah terlebih dahulu beralih dari cara yang tradisional ke berbasis teknologi informasi, jika tetap bertahan dengan cara seperti ini maka perusahaan akan kalah bersaing. Setelah melakukan pengumpulan data dan informasi melalui wawancara, observasi dan studi pustaka maka penulis mengurikan permasalahan yang terjadi seperi barang yang telah diretur sulit diketahui, data dan dokumen tidak tersusun dengan baik karena penyimpanan berkas yang tidak baik, informasi stock barang tidak realtime, laporan disajikan tidak tepat waktu. Setelah mempelajari masalah yang ada, solusi yang dapat diusulkan yaitu CV. Zona International People harus merubah proses pengolahan data yang ada menggunakan komputerisasi, tentunya dalam membuat sistem komputerisasi yang baik mengikuti kaidah perancangan sistem yang ada, pada penelitian ini metode untuk menganalisa data menggunakan metode berorientasi obyek dimana diagram yang digunakan seperti activity, usecase, class diagram, sequence dibantu dengan tool Unified Modeling Language(UML).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. 2012.

Mulyadi Sistem Akuntansi Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat. 2016.

Viktor Nicolas Nore. Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Pemesanan Produk Berbasis Web. Universitas Widyatama, Bandung. 2013.

Pebriyanto, Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web dengan Metodologi RAD. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2011.

Agitya, Lingga. Eksplorasi Metodologi SDLC. Sistem Informasi UNIKOM. 2013.

Rosa, A.S dan M. Shalahudin. Menggunakan UML. Bandung: Informatika. 2014.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
R. Hadi and L. Suryadi, “ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS OBJECT ORIENTED PADA CV. ZONA INTERNATIONAL PEOPLE”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 182-187, Jan. 2020.