SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN BEASISWA BERBASIS WEB PADA SMK BUDI LUHUR TANGERANG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Ridwan Zakaria Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Goenawan Brotosaputro Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: SMK Budi Luhur, SPK Penentuan Beasiswa, Simple Additive Weighting (SAW), Perancangan Aplikasi SPK Berbasis Web

Abstract

SMK Budi Luhur yaitu salah satu dari banyak sekolah swasta yang masih menerapkan sistem penunjang keputusan menggunakan Microsoft Excel. Dalam penelitian ini, dibuatlah sistem penunjang keputusan berbasis WEB sebagai alat bantu untuk penentuan beasiswa pada SMK Budi Luhur supaya mendapatkan data yang tepat dan cepat. Dapat menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan memanfaatkan kriteria – kriteria yang sudah ada, yakni ujian tulis, karya dan point merit. Pada metode ini menggunakan satu jenis kriteria yaitu kriteria benefit. Metode SAW menjalankan penilaian dari nilai bobot dan kriteria yang sudah ditetapkan, selanjutnya dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan memilah alternatif terbaik dari alternatif yang ada. Hasil yang didapatkan dari program sistem penunjang keputusan ini yakni ranking siswa yang berhak memperoleh beasiswa pada SMK Budi Luhur dengan menghitung semua kriteria dan bobot dengan memakai metode Simple Additive Weighting (SAW). Penulis membuat rancangan aplikasi sistem penunjang keputusan memakai bahasa pemrograman PHP Native dan memakai MYSQL Front untuk database. Hasil yang sudah dibuat adalah sistem penunjang keputusan penentuan beasiswa berbasis WEB, pada SMK Budi Luhur Tangerang yang akan membantu mempermudah bagi staff kurikulum dalam penentuan beasiswa dan memberikan informasi perhitungan penilaian dengan cepat, tepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Turban, Decision Support Systems and Intelligent Systems ( Sistem pendukung keputusan dan system cerdas ) Jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta, 2010.

Yuliawan, Y., Sunarto, M. J. D. and Soebijono, T, ‘Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Konferens Jawa Kawasan Timur Berbasis Web’, Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 2014, pp. 140–143. doi: 2338-137X.

(2014) Jeperson Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. yogyakarta: deepublish. Available at: http://bit.ly/2mlDLZF.

(2014) Novriansyah, D, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. yogyakarta: deepublish. Available at: https://bit.ly/2DJWKEj.

(2016)http://nurainun9495.blogspot.com/2016/05/pengertian-metode-simple-additive.htm

Bernadus V.C., Henny I., and Nurtiana H, Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (FUZZY MADM) Dengan Metode SAW Untuk Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, 2017.

Ipnuwati Sri, Pendukung Keputusan Pemberian Sanksi Pelanggaran Kedisiplinan Siswa Pada SMK PGRI I KEDONDONG, 2014.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
R. Zakaria and G. Brotosaputro, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN BEASISWA BERBASIS WEB PADA SMK BUDI LUHUR TANGERANG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 199-206, Jan. 2020.