PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTERACTION FLOW MODELING LANGUAGE DAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO ISTANA MAHAR

Authors

  • Deby Yoga Priatama Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • samsinar samsinar Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur

Keywords:

E-Commerce, Business Model Canvas, Interaction Flow Modeling Language, Code Igniter, Mahar Pernikahan

Abstract

Pada zaman digital seperti ini, segala aspek kehidupan manusia kini tidak ada yang lepas dari perkembangan teknologi termasuk juga E-Commerce. pada Toko Istana Mahar sendiri masih sangat sulit untuk memasarkan model produk lama, menumpuknya  data nota transaksi sehingga perlu banyak waktu untuk mencari data yang diinginkan, sering terjadi hilangnya bukti pembayaran yang dikirimkan pelanggan dan sering terjadi kesalahan pada saat pencatatan laporan dikarenakan pencatatan sendiri dilakukan pada pembukuan sehingga tidak akurat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dirancanglah sebuah website e-commerce menggunakan framework Code Igniter serta MySQL untuk database. Business Model Canvas yang digunakan untuk menjabarkan aktifitas dari sebuah bisnis, serta adanya IFML ( Interaction Flow Modeling Language ) yang dapat memudahkan untuk mengekspresikan sebuah konten ataupun interaksi antar muka dengan pengguna yang memudahkan untuk merancang website ini. Adapun pendekatan yang dilakukan ialah dengan observasi, studi literatur, mewawancarai serta menganalisa dokumen yang ada. Hasil dari penelitian ini ialah menghasilkan website e-commerce yang mempermudah pelanggan untuk melihat semua produk yang ditawarkan, serta dapat merekam semua transaksi dari setiap pelanggan, dan mempermudah pelanggan untuk mengirimkan bukti pembayaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-02

How to Cite

[1]
D. Y. Priatama and samsinar samsinar, “PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTERACTION FLOW MODELING LANGUAGE DAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO ISTANA MAHAR”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 91–97, Sep. 2019.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>