MODEL KEPUTUSAN MASKAPAI KARGO TERBAIK PT. BUDI MANDIRI CARGO METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

  • Muhammad Abduh Khairullah Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • deni mahdiana Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Maskapai, Analytical Hierarchy Process (AHP, Simple Additive Weighting (SAW)

Abstract

  1. Budi Mandiri Cargo adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang yang harus selalu memiliki informasi dari pengambilan keputusan mengenai maskapai terbaik yang akan direkomendasikan kepada para pelanggannya. Karenanya, pengambilan keputusan tersebut tidak bisa dilakukan secara subjektif, karena harus berdasarkan data yang ter-update. Akan tetapi, keputusan mengenai maskapai terbaik tersebut masih dilakukan secara subjektif karena belum adanya kriteria dan bobot standar yang digunakan serta belum adanya sistem pendukung keputusan yang mempermudah proses pengambilan keputusan. Berdasarkan masalah tersebut, sistem informasi yang terkomputerisasi sangat dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan penentuan maskapai kargo terbaik pada PT. Budi Mandiri Cargo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analytical Hierarchy Process(AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian ini bertujuan untuk mencari bobot nilai setiap kriteria dan maskapai terbaik dari sejumlah maskapai yang ada dengan proses normalisasi dan perankingan. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bobot nilai 0,309 untuk kriteria biaya, 0,212 untuk kriteria estimasi, 0,252 untuk kriteria urgensi, 0,100 untuk kriteria pelayanan dan 0,128 untuk kriteria jaminan barang dengan nilai Consistency Ratio 0,044054 mengunakan metode Analytical Hierarchy Process(AHP). Serta hasil maskapai terbaik yang terpilih adalah Garuda Indonesia untuk destinasi bandara Supadio menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02
How to Cite
[1]
M. Khairullah and deni mahdiana, “MODEL KEPUTUSAN MASKAPAI KARGO TERBAIK PT. BUDI MANDIRI CARGO METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 204-209, Sep. 2019.