IMPLEMENTASI METODE ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ) DAN PROFILE MATCHING DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN BARU PADA PT. TEMPO INTI MEDIA TBK

  • Muhammad Fauzan Hadi Saputra Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • rusdah rusdah Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem penunjang keputusan, penerimaan karyawan, Analytical Hierarchy Process, Profile Matchin

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam sebuah perusahaan, karena sumber daya manusia akan mengelola aspek-aspek seperti sumber daya, teknologi dan modal, hal ini yang akan membuat proses rekrutmen dan pengalokasian pelatihan merupakan hal yang sangat penting di perusahaan. Divisi Human Resource Development ( HRD ) bertanggung jawab untuk melaksanakan perekrutan karyawan baru dan mengembangkan pelatihan-pelatihan untuk melengkapi karyawan atau calon karyawan. Proses Rekrutmen pada dasarnya dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu adalah : wawancara, Psikotes, Medical Checkup. Pada PT. Tempo Inti Media Tbk proses rekrutmen sudah dilakukan secara digital namun belum adanya metode pada proses pengambilan keputusan dalam penerimaan karyawan baru. Metodologi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada adalah dengan wawancara dan studi kepustakaan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menunjang proses pengambilan keputusan pada saat proses perekrutan karyawan yang dapat memberikan gambaran mengenai siapa pelamar yang pantas untuk diterima bekerja pada perusahaan. Untuk itu sistem penunjang keputusan penerimaan karyawan baru ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process dan Profile Matching. Hasil akhir penelitian ini adalah suatu model sistem penunjang keputusan yang dapat membantu divisi Human Resource Development ( HRD ) PT. Tempo Inti Media Tbk dalam proses perekrutan karyawan baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02
How to Cite
[1]
M. F. Saputra and rusdah rusdah, “IMPLEMENTASI METODE ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ) DAN PROFILE MATCHING DALAM SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN BARU PADA PT. TEMPO INTI MEDIA TBK”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 260-267, Sep. 2019.