SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING STUDI KASUS : PT. GADING MURNI CABANG JAKARTA

  • Muzdalifah Muzdalifah Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • safitri juanita Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: SPK, AHP, SAW, Pemilihan Pegawai Terbaik

Abstract

Penelitian ini membahas pengambilan keputusan pemilihan pegawai terbaik pada PT. Gading Murni Cabang Jakarta. Dalam menentukan pegawai terbaik ada beberapa masalah yaitu kriteria yang sudah ditentukan belum adanya pembobotan. Wakil Kepala Cabang sulit menentukan kandidat pegawai terbaik dan perlu waktu lama dalam pengumpulan data. Penelitian ini dibuat untuk menghasilkan sistem penunjang keputusan, yang diharapkan dapat membantu dalam pemilihan pegawai terbaik. Metode AHP digunakan untuk penentuan bobot kriteria dimana masing-masing kriteria dibandingkan dengan kriteria lainnya dan metode SAW digunakan untuk menentukan pegawai terbaik dengan menghasilkan perankingan alternatif. Sistem ini dibuat dengan basis data MySQL dan bahasa pemrograman PHP. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mempermudah dalam pengolahan data pemilihan pegawai terbaik. Adapun kriteria yang ditetapkan pada proses pemilihan pegawai terbaik yaitu Disiplin (0,1188), Kerjasama (0,2167), Tanggung Jawab (0,5817), Kehadiran (0,0828). Hasil perhitungan Consistency Ratio sebesar 0,0614. Penilaian perbandingan dikatakan konsisten jika nilai CR tidak lebih besar dari 0,10. Sehingga tidak perlu dilakukan perhitungan ulang karena sudah konsisten. SPK ini memakai metode SAW sebagai proses perhitungan perangkingan pegawai sesuai dengan kriteria yang  sudah ditetapkan sehingga dapat mempermudah wakil kepala cabang untuk mengetahui pegawai yang menjadi kandidat pegawai terbaik.. Lalu hasil dari studi kasus dalam penentuan pegawai terbaik Mita dengan nilai 0,9854.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02
How to Cite
[1]
M. Muzdalifah and safitri juanita, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING STUDI KASUS : PT. GADING MURNI CABANG JAKARTA”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 289-297, Sep. 2019.