PENERAPAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO AL HAJ COLLECTION

  • Putri Safitri Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lusi Fajarita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-commerce, CMS, BMC, Pakaian

Abstract

Electronic commerce merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Salah satu aktifitas penjualan, pemasaran, jasa melalui internet dan jaringan komputer yang sekarang biasa disebut belanja online. Penelitian ini mengambil studi kasus pada toko Al Haj Collection yaitu usaha yang bergerak dalam bidang fashion yang menjual berbagai macam pakaian muslim. Mekanisme sistem penjualan pada toko Al Haj Collection sekarang masih kurang efektif, dimana konsumen harus datang langsung ke toko. Cara pemasaran yang saat ini dilakukan hanya melalui Sosial Media. Selain itu, dalam pembuatan laporan masih menggunakan pembukuan. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun website e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) yaitu wordpress. Penelitian ini menggunakan metode Bussiness Model Canvas (BMC) untuk membantu memperjelas elemen apa saja yang dapat membantu Al Haj Collection dalam kelangsungan produksi dan penjualannya. Hasil dari penelitian ini adalah membangun website e-commerce untuk mempermudah konsumen dalam transaksi tanpa adanya batasan waktu dan tempat dan juga memudahkan pemilik toko Al Haj Collection dalam meningkatkan manajemen dan pemasarannya, sehingga toko akan lebih dikenal secara luas oleh masyarakat karena dapat diakses oleh banyak orang dan juga membantu dalam penyusunan laporan yang diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02
How to Cite
[1]
P. Safitri and L. Fajarita, “PENERAPAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO AL HAJ COLLECTION”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 314-320, Sep. 2019.