PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS DESKTOP STUDI KASUS: SMK MUHAMMADIYAH 4 JAKARTA

  • Fildzah Fitriani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Safitri Juanita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi, akademik, layanan siswa, perancangan, metodologi berorientasi obyek

Abstract

Saat ini, proses pengolahan akademik siswa di SMK Muhammadiyah 4 Jakarta masih dilakukan secara manual dan belum terkomputerisasi sehingga menyebabkan beberapa permasalahan seperti nilai sering tertukar disebabkan staf tata usaha kurang teliti, pengolahan data penilaian siswa membutuhkan waktu yang lama dikarenakan perhitungan nilai dilakukan secara konvensional, informasi data siswa pada buku rapor kurang lengkap dikarenakan data orang tua dan data nilai sikap tidak diisi, informasi kelas pada daftar absensi kurang lengkap dikarenakan data kelas siswa tidak diisi, pengolahan data jumlah kehadiran siswa membutuhkan waktu yang lama dikarenakan dihitung secara manual dan pengolahan data siswa dengan peringkat terbaik membutuhkan waktu yang lama dikarenakan proses perangkingan peringkat siswa dilakukan secara manual. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall, aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic.Net dengan basis data MySQL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem informasi membantu pihak sekolah dalam pengolahan data akademik dengan baik agar layanan yang diberikan kepada guru dan staf tata usaha dapat berjalan dengan baik pada SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, dengan adanya modul Entry penilaian prestasi kerja dan modul perhitungan nilai prestasi kerja pegawai, maka pengolahan data penilaian prestasi kerja menjadi lebih cepat dan akurat, serta tidak membutuhkan waktu yang lama

Downloads

Published
2019-11-14
How to Cite
[1]
F. Fitriani and S. Juanita, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS DESKTOP STUDI KASUS: SMK MUHAMMADIYAH 4 JAKARTA”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 1-5, Nov. 2019.