ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RSU.BHAKTI ASIH CILEDUG
Abstract
Pelayanan di sebuah RSU tentunya memerlukan ketepatan serta kecepatan tanggap. Pelayanan yang dimaksud dapat berupa pendaftaran pengobatan, layanan jasa komplain, pengambilan obat, atau layanan jasa lain seperti jadwal pengingat untuk melakukan kontrol perawatan. Di era serba teknologi seperti sekarang ini, banyak RSU yang telah menggunakan sistem online untuk melakukan perekrutan pasien atau memanjakan pasien dengan memberikan informasi secara online. RSU Bhakti Asih Ciledug merupakan salah satu RSU yang menitikberatkan pada mutu pelayanan kesehatan pasien. Misi tersebut tidak dapat terwujud apabila pasien merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh RSU Bhakti Asih Ciledug. Oleh karena itu, peneliti membantu menciptakan sebuah sistem berbasis e-CRM dengan mengembangkan fitur-fitur online seperti pendaftaran secara online, fitur komplain, serta fitur pengingat bagi pasien. Hasil penelitian menunjukan sistem aplikasi e-CRM dapat membantu meningkatkan mutu pelayanan yang nantinya akan berpengaruh pada kepuasan pasien yang berobat di RSU Bhakti Asih Ciledug. Penelitian ini perlu dikembangkan lebih jauh lagi agar tidak terhenti pada fitur-fitur yang telah dibuat untuk meningkatkan mutu pelayanan.