ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT MULTILINK INTEGRA PERSADA

  • riska fitriani Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • yuliazmi yuliazmi Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: M-link, Electronic Customer Relationship Management, Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Multilink Integra Persada merupakan perusahaan di bidang Integrasi Sistem Informasi sebagai Switching Provider yang menyediakan produk dan jasa layanan interkoneksi E-payment secara real time online. Beberapa faktor yang dihadapi perusahaan yaitu penanganan keluhan yang belum terdokumentasi dengan baik, belum adanya media untuk pelanggan dalam mengetahui kepuasan pelanggan lain, belum adanya fitur pendaftaran pelanggan di website dan media promosi yang belum memadai. Mengenai masalah tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan strategi bisnis E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) yaitu strategi perusahaan mulai dari mendapatkan, meningkatkan dan mempertahankan pelanggan yang dapat meningkatkan pelayanan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Dengan pembangunan Electronic Customer Relationship Management ini pada PT Multilink Integra Persada dapat lebih cepat proses penanganan keluhan pelanggan dan dapat lebih meningkatkan pelayanan sehingga mendapatkan loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-02
How to Cite
[1]
riska fitriani and yuliazmi yuliazmi, “ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT MULTILINK INTEGRA PERSADA”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 354-359, Sep. 2019.