ANALISA DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEB PADA ORANGE ISLAND STORE MENGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS
Abstract
Orange Island Store merupakan sebuah distro yang menjual pakaian dan attribute supporter persija yang beralamat di jl. Panjang Arteri Klp. Dua Raya. Usaha ini dibilang telah mengalami perkembangan dengan cukup baik meskipun penjualan hanya dilakukan dengan cara menjual produk di Store dan media sosial seperti Instagram. Hal ini masih dipandang kurang efektif dan efisien dalam melakukan pemerosesan data, opesasi bisnis, dan transaksi sehingga sangat diperlukan penerapan e-commerce untuk meningkatkan dan mendukung penjualan dikarenakan Kurangnya mempromosikan produk-produk ke masyarakat luas di dunia maya bagi tidak yang mengunakan Instagram dan Pelanggan kesulitan mengetahui informasi stok barang yang telah habis. Penulis melakukan metode penelitian dengan metode business model canvas. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif dengan melakukan metode wawancara. Hasil yang dicapai dalam mengimplementasikan sistem penjualan berbasis e-commerce diharapkan dapat memudahkan pihak Orange Island Store dalam mengelola transaksi penjualan produk maupun pelanggan yang memanfaatkan media internet untuk melakukan pemesanan produk sehingga dapat meningkatkan penjualan. Maka tujuan dari penelitian ini dalam merancang penjualan berbasis e-commerce pada Orange Island Store untuk membantu meningkatkan penjualan secara online dan memberikan informasi produk terbaru yang di jual melalui website. Hasil yang didapat dari penelitian ini masyarakat lebih mudah menemukan Orange Island Store di mesin pencarian google bagi masyarakat yang tidak biasa mengunakan instagram untuk melakukan transaksi dan website mampu berada di top ten pencarian google dan mempermudah pelanggan untuk mengetahui informasi stok produk secara detail ditampilan web e-commerce tanpa perlu bertanya-tanya kepada staff Orange Island Store.