ANALISIS DAN PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO ECONG SPORT MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

  • Siska Indrawati Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-commerce, IFML, SEO, BMC

Abstract

Toko Econg Sport merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang penjualan berbagai macam pakaian renang dan senam. Toko Econg Sport masih mempunyai beberapa kendala dalam melakukan proses penjualan produk Transaksi yang dilakukan saat ini hanya pelanggan datang ke toko dan membeli barang dan melalui media sosial seperti facebook, Instagram serta market place shopee. Dengan hanya mengandalkan sistem penjualan dari media market place dan media social yang dirasa masih kurang dalam memperbanyak tingkat penjualan barang. Untuk itu adanya E-Commerce dapat memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk melakukan transaksi penjualan melalui website dan pelanggan dapat membeli pakaian dimana saja tanpa perlu datang ke toko. Tujuan dari penulisan ini adalah membangun suatu website penjualan pada toko econg sport untuk membantu pemilik toko dalam melakukan transaksi jarak jauh. Metode Analisis yang digunakan dalam menentukan, mengidentifikasi serta mengevaluasi model bisnis yang diterapkan pada Toko Econg Sport dengan menggunakan Model Business Canvas. Penelitian ini menggunakan teknik mesin pencarian atau Search Engine Optimazion (SEO) yang akan di gunakan supaya trafik pengunjung dapat meningkat halaman website dan juga dapat di gunakan agar sebuah halaman website dapat di telusuri dengan baik di halaman pencarian google. Salah satu indicator utama keberhasilan SEO adalah semakin keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website dengan keyword tertentu di optimasi search engine, maka pengunjung atau visitor akan semakin tinggi juga yang berkunjung ke website.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haryanti, Sri and Tri Irianto Tjendrewaseno. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering & Edukasi, Vol.3(1), pp. 8–14, 2011.

Pratomo, A, Effan Najwaini, Mey Risa, and Agus Irawan. (2018). Optimasi E-Commerce Dengan Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UKM Nida Sasirangan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action.Vol.1(1), pp. 35–47.

Kurniasari, Riza, Dwi Kartikasari. (2018). Penerapan Model Bisnis Kanvas Terhadap Bisnis Jasa Angkut Penumpang Pada PT Internasional Golden Shipping. Journal of Applied Managerial Accounting. Vol.2(1), pp. 6–14.

Suryanto, Putra Steven, Timpthy John Pattiasina and Anggya Soetarmono. (2017). Perancangan dan Pengembangan Toko Online dengan Metode Interaction Flow Modeling Language (Studi Kasus Toko Winata). Teknika, Vol.6(1), pp. 7–18.

Ita, Athia, Ety Saraswati and Andi Normaladewi. (2018). Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ketahanan Pangan. Vol.2(1) pp. 66–75.

Diana, Anita, (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Obyek. BIT. Vol.14(1), pp.7–15. ISSN: 1693-9166.

Saefullah, A. (2015). Analisa Pengaruh Penggunaan Search Engine Optimization (SEO) Pada Website E-Commerce Program Studi Teknik Informatika, Universitas Islam Attahiriyah, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (SESINDO2015), pp.2–3, ISBN: 978-979- 18985-9-1.

Published
2019-09-02
How to Cite
[1]
S. Indrawati and S. Samsinar, “ANALISIS DAN PENERAPAN E-COMMERCE PADA TOKO ECONG SPORT MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 390-395, Sep. 2019.

Most read articles by the same author(s)