PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK PENJUALAN PAKAIAN PADA TOKO CHIPINDWEAR
Abstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat dan meluas. Salah satu cara mendapatkan informasi adalah dengan menggunakan fasilitas internet. E-commerce adalah sarana penting untuk menyebarkan informasi keunikan produk dan memperluas pasar dengan tujuan meraih target pasar agar bisa bersaing di era global. Kendala yang terjadi oleh toko chipindwear antara lain, proses promosi yang dilakukan masih belum cukup luas sehingga jangkauan pasar tidak begitu luas dan kepercayaan pembeli dalam melakukan transaksi online karena tidak adanya testimoni dari pembeli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Business Model Canvas (BMC) dalam mengumpulkan data penelitian, penulis menggunakan metode studi lapangan dan studi literatur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatkan website e-commerce. Dengan adanya website e-commerce, dengan penerapan Search Engine Optimization (SEO) diharapkan dapat memperluas pelayanan cangkupan serta penjualan di seluruh wilayah,dengan adanya comment dan rateting dapat membantu meningkatkan kepercayaan yang lebih dari pelanggan, dan didalam website chipindwear menyajikan laporan-laporan diantaranya laporan penjualan, laporan pembayaran, laporan pengiriman, laporan pemesanan, laporan produk terlaris dan laporan rekapitulasi produk. Laporan tersebut ditujukan kepada pemilik sebagai bahan pertimbangan dalam perbaikan pelayanan di chipindwear.