PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR PADA TOKO BATIK MARISSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS

  • Wahyu Aprilla Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: e-commerce, business model canvas, batik

Abstract

Toko Batik Marissa merupakan salah satu toko yang bergerak di bidang fashion batik yang menjual kemeja baik itu lengan pendek maupun lengan panjang untuk laki-laki dewasa dan berbagai pakaian untuk wanita dewasa dengan berbagai ukuran. Peneliti menemukan berbabagai permasalahan dari hasil wawancara maupun observasi langsung yang dilakukan diantaranya kurangnya media promosi, pelayanan kurang maksimal dikarenakan kurangnya mengetahui informasi produk yang tersedia maupun yang tidak tersedia, kurang
optimalnya penjualan yang hanya dapat dilakukan dengan mendatangi langsung ke toko, serta tidak adanya laporan yang dapat dimanfaatkan guna mengembangkan Toko Batik Marissa. Oleh karena itu, untukm
memecahkan permasalahan yang ada saat ini, peneliti akan embuatkan sistem informasi penjualan berbasis online dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas. Dengan adanya sistem ini peneliti
mengharapkan dapat membantu Toko Batik Marissa dalam memperluas jangkauan promosi, mempermudah dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan produk yang tersedia, mempermudah customer dalam melakukan proses pemesanan, serta membantu pemilik untuk pengambilan keputusan guna mengembangkan Toko Batik Marissa. Hasil yang didapatkan peneliti yaitu jangkauan promosi semakin luas, informasi yang didapatkan pelanggan lebih lengkap dan lebih mudah, pelanggan tidak perlu lagi datang ke toko untuk melakukan pemesanan, serta memudahkan pengambilan keputusan dengan adanya laporan yang diinginkan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
W. Putra and L. Hin, “PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR PADA TOKO BATIK MARISSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 286-292, Nov. 2019.
Section
E-Business/E-Commerce

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>