IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA TOKO XYZ COLLECTION

  • Agus Umar Hamdani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Louisa Eunike Sihotang Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Penjualan online, Meningkatkan Pendapatan, Baju gamis dan baju pengantin, E-Commerce Baju

Abstract

Toko XYZ merupakan sebuah badan usaha yang bergerak di bidang penjualan perlengkapan baju gamis dan pengantin serta barang – barang pendukung lainnya. Toko XYZ Collection sendiri berlokasi di ITC Cipulir Lantai 1 Blok 3 No.130-131. Saat ini proses penjualan dan pengolahan data yang masih dilakukan secara manual dan mengalami beberapa kendala yaitu seperti: kurangnya promosi pada setiap produk yang di tawarkan, stok barang yang tidak terpantau yang mengakibatkan barang dengan model lama susah untuk terjual kembali, Proses pencatatan laporan penjualan yang masih menjadi satu dengan pendapatan yang mengakibatkan setiap laporan belum memiliki data yang valid. Melihat kondisi bisnis di atas, maka diperlukan adanya sebuah sistem untuk mengatasai permasalahan yang terjadi pada saat ini. Perancangan sistem E-Commerce merupakan sebuah solusi yang efektif untuk membantu Toko XYZ dalam menyelesaikan semua permasalahan yang ada. Perancangan  aplikasi sistem penjualan ini bertujuan untuk membantu Toko XYZ dalam melakukan proses penjualan dan juga dalam pembuatan laporan yang mana dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall dengan Content Management System. Dengan hasil akhir dari perancangan E-Commerce ini adalah dapat membantu Toko XYZ meningkatkan pendapatan penjualan barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Zulfah, “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan (Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan),” Bul. Utama Tek., vol. 13, no. 2, pp. 143–149, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/284.

S. S. Utami, “Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis,” J. Akuntasi dan Sist. Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 61–67, 2010.

O. Y. Yuliana, “Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis,” J. Akunt. dan Keuang., vol. 2, no. 1, pp. 36–52, 2000, doi: 10.9744/jak.2.1.pp.36-52.

N. Rahmawati and H. Mulyono, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran berbasis Web pada Toko Billy,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 104–116, 2016, [Online]. Available: http://jurnalmsi.stikom-db.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/44/38.

S. Mumtahana, Hani Atun, Nita and A. W. Tito, “khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Pemanfaat. Web E-Commerce untuk Meningkat. Strateg. Pemasar., vol. 3, no. 1, pp. 6–15, 2017, [Online]. Available: http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784.

Sandy Kosasi, “Perancangan Dan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Furniture,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2015 (SENTIKA 2015) Yogyakarta, 28 Maret 2015 ISSN 2089-9815 Peranc., vol. 2015, no. Sentika, pp. 17–24, 2015.

A. U. Riandika, Dedi dan Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4(3), 2020.

D. W. Ariani, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif Dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta: Andi Press, 2004.

F. Royan, Bisnis Model Kanvas Distributor. Jakarta: PT. Gramedia, 2014.

Nugroho Adi, Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek Dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi Press, 2010.

K. Hernawati, “Optimalisasi Seo (Search Engine Optimizer) Sebagai Upaya Meningkatkan Unsur Visibility Dalam Webometric,” Optim. Seo (Search Engine Optim. Sebagai Upaya Meningkat. Unsur Visibility Dalam Webometric, pp. 1198–1209, 2009.

Patric, “The AARRR Metric Model,” 2018. https://www.metriq.io/blog/aarrr-metric-model (accessed Jun. 24, 2020).

Published
2020-07-15
How to Cite
[1]
A. Hamdani and L. Sihotang, “IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA TOKO XYZ COLLECTION”, IDEALIS, vol. 3, no. 2, pp. 560-567, Jul. 2020.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)