ANALISIS DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA QUEENITA CLASSIC

  • Ekie Revsie Akbar Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-commerce, Website, Content Management System, Business Model Canvas, Search Engine Optimization, Queenita Classic

Abstract

Queenita Classic adalah toko sparepart motor klasik yang terbentuk sejak tahun 2013 yang menyediakan berbagai produk seperti tangki, reflektor lampu, lampu sein, shockbaker, spedometer, dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya menjual sparepart saja, perusahaan ini juga menyediakan jasa untuk pemasangan sparepart. Hal ini tentu menjadi nilai lebih Queenita Classic dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Dalam menjalankan usahanya Queenita Classic selalu mengalami permasalah yang terjadi diantaranya: kurangnya media promosi penjualan, pelanggan sulit mendapatkan informasi stok barang yang tersedia, kurangnya media keamanan untuk bertransaksi, dan pembuatan laporan penjualan masih manual. Untuk mengatasi masalah yang terjadi penulis memberikan solusi dengan sistem e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) dengan tools dari Wordpress sebagai solusi pemecahan masalah pada sistem yang sedang berjalan saat ini. Analisis bisnis pada penelitan ini menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) dibantu dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) dalam penerapannya untuk membantu website tampil di halaman mesin pencari. Hasil dari penerapan e-commerce ini dapat memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan, meningkatkan kepercayaan pelanggan saat bertransaksi dan pembuatan laporan yang akurat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
E. Akbar and H. Irawan, “ANALISIS DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA QUEENITA CLASSIC”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 107-116, Jan. 2021.

Most read articles by the same author(s)