IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI INVENTARISASI BARANG GUNA PENGENDALIAN INTERNAL

  • Nofiyani Nofiyani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Control Perusahaan, Pencatatan Data Barang, Sistem Informasi Inventarisasi, Perancangan Sistem Informasi Inventaris

Abstract

Perusahaan sering menghadapi permasalahan untuk dapat mencapai tujuan tertentu. Salah satunya adalah barang-barang yang dimiliki perusahaan. Maka dari itu diperlukan pengendalian internal. Jika pengendalian internal atas barang-barang milik perusahaan dapat dilaksanakan dengan baik, maka perusahaan dapat melakukan pengawasan, mengontrol serta meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Dengan melakukan inventarisasi  barang yaitu kegiatan  pencatatan data yang  berhubungan  dengan  barang-barang atau aset yang di miliki perusahaan, mulai dari  pencatatan  sampai dengan  pemeliharaan. Sistem informasi yang mendukung dapat meningkatkan kinerja perusahaan dalam melakukan pengawasan dan pengontrolan barang-barang yang dimiliki perusahaan. Serta dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pencatatan dan menghindari penyimpangan. Diperlukan beberapa tahap pengembangan sistem informasi untuk dapat mengembangkan sistem informasi yang baik. Sehingga dapat terstruktur dan terencana dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Terdapat tiga  laporan  yang  dapat digunakan dalam melakukan pengawasan, pengontrolan pengeluaran yang akan dikeluarkan serta meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, diantaranya  laporan  data barang  untuk  mengetahui  rincian barang yang dimiliki perusahaan, laporan data barang per ruangan untuk pengawaan serta kontroling aset perusahaan per ruangan  dan  laporan inventarisasi dan mutasi barang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
N. Nofiyani, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI INVENTARISASI BARANG GUNA PENGENDALIAN INTERNAL”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 55-62, Jan. 2021.