DESAIN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA MITRA ADHETAMA RAYA

  • Samsinar Samsinar Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Rizky Nugraha Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Business Model Canvas, Mitra Adhetama Raya, E-Commerce, Content Management System (CMS), E-Commerce Alat Kesehatan

Abstract

Mitra Adhetama Raya adalah sebuah badan usaha milik perorangan yang bergerak di dalam bidang penjualan alat kesehatan (alkes). Saat ini, Mitra Adhetama Raya belum memiliki media sebagai alat promosi dan penjualan produk alat kesehatan ke kalangan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penulis menganalisis kebutuhan sistem dan model bisnis dari Mitra Adhetama Raya dengan memanfaatkan Bussiness Model Canvas (BMC) dan Unified Model Language (UML). Untuk membangun web e-commerce digunakan Content Management System (CMS) dan plugin-plugin pendukung agar terbentuk sebuah media penjualan online yang diharapkan menjadi solusi dari permasalahan yg ada dan dapat meningkatkan hasil penjualan produk dan membantu aktivitas sehingga pengolahan data menjadi lebih akurat dan efektif, penjualan yang dilakukan tidak hanya di sekitar area rumah sakit terdekat saja tetapi dapat mencakup area yang lebih luas lagi dan juga mampu memberikan informasi lebih detail dan lebih banyak menawarkan promosi kepada pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Iriadi and F. Dayanti, “Sistem Informasi Penjualan Produk Fashion Hijab Berbasis Web Pada Toko Refida”, Indonesian Journal of Network Security, vol. 9, no. 5, pp. 36–40, 2020.

A. Wirapraja and H. Aribowo, “Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis”, Teknika,vol. 7, no. 1, pp. 66–72, 2018.

G. A. P. Noor and S. Samsinar, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran ProdukPada Lumi Distro Dengan Pendekatan Business Model Canvas,” IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 552–559, 2020.

S. Kosasi and I. D. A. E. Yuliani, “Penerapan Rapid Application Development Pada Sistem Penjulalan Sepeda Online”, JurnalSimetris, vol. 6, no. 1, pp. 27–36, 2017.

S. M. Maulana, H. Susilo, and Riyadi, “Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko PastbrikKota Malang)”, Jurnal Administrsi Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, 2015.

H. Sutri, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilkom Jurnal Ilmiah, vol.10. no.2, pp. 182–189, 2018.

L. P. Boedianto, “Strategi Pengembangan Bisnis Pada Depot Selaris Dengan Pendekatan Business Model Canvas”, Agora, vol. 3.2,pp. 292–301, 2015.

A. Jackson, “Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis Pada Kaisar Organizer Dengan Business Model Canvas”, Agora, vol. 3, no. 2, pp.302–305, 2015.

A. Hendini, “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Sudi Kasus: Distro Zhezha Pontianak),”Junal Khatulistiwa Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 107–116, 2016.

A. Pratomo, E. Najwaini, A. Irawan, and M. Risa, “Optimasi e-Commerce dengan Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UKM Nida Sasirangan,” Jurnal Impact Implementation and Action, vol. 1, no. 1,pp. 35–47, 2018.

Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
S. Samsinar and M. Nugraha, “DESAIN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA MITRA ADHETAMA RAYA”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 73-82, Jan. 2021.

Most read articles by the same author(s)