RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN BUS DENGAN PENDEKATAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM)

  • Wulandari Wulandari Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Pandu Dwi Putra Nugroho Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Farhan Ramadhan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Penyewaan Bus, E-CRM

Abstract

Abstrak Perusahaan yang diteliti adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi, melayani  jasa angkutan darat baik penumpang maupun barang. Perusahaan tersebut mempunyai tagline “Joruney with Pleasure” yang memiliki arti dimana pelanggan yang memanfaatkan jasa layanan kami akan merasakan kenyamanan, pelayanan dan mendapatkan kesan positif selama perjalanan. Masalah yang dihadapi perusahaan saat ini adalah kesulitan dalam mendapatkan pelanggan baru, belum ada informasi penyewaan bus secara online dan testimoni dari pelanggan terhadap pelayanan perusahaan. Tujuan penulisan ini untuk  mengenalkan lebih luas profile perusahaan kepada  masyarakat  dengan dibuatkan sistem berbasis web  dan   pemberian pelayanan   terbaik   untuk   mendapatkan   kepuasan   dan   loyalitas   pelanggan  menggunakan   pendekatan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM). Dalam memodelkan kebutuhan sistem penulis menggunkan UML, database MYSQl dan untuk membuat aplikasi penulis menggunakan php. Hasil Akhir dari peneliitian ini yaitu akan dibuatkan website yang digunakan untuk penyewaan/revervasi Bus secara online, informasi ketersediaan bus, dan terdapat testimoni setelah menggunakan pelayanan dari perusahaan. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama dengan adanya sistem online dan layanan kepuasan pelanggan yang dapat dilihat langsung masyarakat luas.

Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
W. Wulandari, P. Nugroho, and F. Ramadhan, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN BUS DENGAN PENDEKATAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM)”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 1-10, Jan. 2021.