RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN BUS DENGAN PENDEKATAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM)

  • Wulandari Wulandari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Pandu Dwi Putra Nugroho Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Farhan Ramadhan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-CRM, Electronik Customer Relationship Management (E-CRM), E-CRM Penyewaan Bus, Reservasi Bus

Abstract

Perusahaan yang diteliti adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi, melayani  jasa angkutan darat baik penumpang maupun barang. Perusahaan tersebut mempunyai tagline “Journey with Pleasure” yang memiliki arti dimana pelanggan yang memanfaatkan jasa layanan kami akan merasakan kenyamanan, pelayanan dan mendapatkan kesan positif selama perjalanan. Masalah yang dihadapi perusahaan saat ini adalah kesulitan dalam mendapatkan pelanggan baru, belum ada informasi penyewaan bus secara online dan testimoni dari pelanggan terhadap pelayanan perusahaan. Tujuan penulisan ini untuk  mengenalkan lebih luas profile perusahaan kepada  masyarakat  dengan dibuatkan sistem berbasis web  dan   pemberian pelayanan   terbaik   untuk   mendapatkan   kepuasan   dan   loyalitas   pelanggan  menggunakan   pendekatan Electronik Customer Relationship Management (E-CRM). Dalam memodelkan kebutuhan sistem penulis menggunakan UML, database MYSQL dan untuk membuat aplikasi penulis menggunakan PHP. Hasil Akhir dari peneliitian ini yaitu akan dibuatkan website yang digunakan untuk penyewaan/revervasi Bus secara online, informasi ketersediaan bus, dan terdapat testimoni setelah menggunakan pelayanan dari perusahaan. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama dengan adanya sistem online dan layanan kepuasan pelanggan yang dapat dilihat langsung masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Zhafar And B. D. Andah, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management Terhadap Upaya Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Ahass Sinar Makmur Sentosa Pada Divisi Perawatan Motor ( H2 ),” J. Idealis, Vol. Vol 1 No 1, Pp. 461–467, 2018.

B. Wicaksono And Samsinar, “Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Pasien Kiropraktik ( Studi Kasus : Puri Chiropractic ),” Idealis, Pp. 87–93, 2019.

H. Patrie Et Al., “Penerapan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Pada The Media Hotel And Tower,” J. Idealis, Vol. Vol .1 No., Pp. 269–277, 2018.

S. Aulia Sari And W. Usino, “Upaya Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Customer,” Idealis, Vol. Vol 1 No 3, Pp. 94–101, 2018.

M. Almira, P. Aji, And B. D. Andah, “Pengaruh Electronic Customer Relationship Management Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Pt . Wiraswasta Gemilang Indonesia,” Vol. Vol 1 No., Pp. 323–327, 2018.

I. Lestari And H. Irawan, “Analisis Dan Desain Electronic Customer Relationship Management ( E- Crm ) Berbasis Web Guna Membina Serta Meningkatkan Loyalitas Penyewa Studi Kasus : Pt . Sari Indah Lestari ( Sil ) - Mall Cbd Ciledug,” Vol. 10, No. 2, 2017.

A. J. Kundre, I. Wisnubadhra, T. Suselo, T. Informatika, P. Pascasarjana, And T. Industri, “Penerapan Customer Relationship Management Dengan Dukungan Teknologi Informasi Pada Po. Chelsy,” Semnas Teknomedia, Vol. Issn 2302-, 2013.

R. Handayani, “Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Sistem Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Ernaldi Bahar Provinsi Sumatera Selatan,” 2014.

A. Heru Danardatu, “Pengenalan Customer Relationship Management (Crm).Pdf.” Ilmukomputer.Com, Pp. 1–4, 2003.

H. Amiinnul Ummah, I. Sodikin, And J. Susetyo, “Perancangan Sistem Informasi Rental & Inventaris Alat Multimedia Berbasis Webmenggunakan Metode Customer Relationship Management,” Rekavasi, Vol. 7, No. 2, 2019.

N. Luh Manik Sugiarni, D. Pramana, And N. Nyoman Harini Puspita, “Implementasi Crm ( Customer Relationship Management ) Pada Sistem Informasi Travel X Berbasis Web.”

Sholiq, Analisa Dan Perancangan Berorientasi Objekno Title. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

A. Sukmaindrayana And R. Sidik, “Aplikasi Grosir Pada Toko Rsidik Bungursari Tasikmalaya,” Idealis, Vol. 4, No. 2, 2017.

D. Martin, “18 Konsep Dasar Graphic User Interface (Gui)! Desainer Wajib Tahu,” 2020. [Online]. Available: Https://Www.Techfor.Id/18-Konsep-Dasar-Graphic-User-Interface-Gui-Desainer-Wajib-Tahu/#:~:Text=Desainer Wajib Tahu,-3&Text=Graphic User Interface (Gui) Adalah,Bentuk%2c Dan Lain-Lain.

A. Hendini, “Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stokbarang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak),” J. Khatulistiwa Inform., Vol. Iv, No 2, No. 2, Pp. 107–116, 2016.

Published
2021-01-18
How to Cite
[1]
W. Wulandari, P. Nugroho, and F. Ramadhan, “RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN BUS DENGAN PENDEKATAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM)”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 1-10, Jan. 2021.