PENGEMBANGAN MODEL SISTEM E-COMMERCE BERBASIS WEB DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)
Abstract
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan peraturan yang diterapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19. PSBB adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi corona virus disease 2019 (Covid-19) sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebarannya. Penerapan PSBB yang ketat berpengaruh yang serius terhadap dunia usaha, salah satunya adalah pelaku usaha konveksi. Salah satunya yang kena dampaknya adalah toko-toko konveksi yang proses transaksinya masih manual, yaitu mengandalkan pembeli datang langsung ke toko. Permasalahan tersebut masih dirasakan sampai sekarang. Oleh sebab itu, penelitian ini mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan pengembangan model sistem E-Commerce berbasis web untuk meningkatkan penjualan. Model sistem E-Commerce dikembangkan dengan menggunakan Content Management System (CMS) dan Business Model Canvas (BMS). CMS digunakan untuk mengembangkan model sistem e-commerce berbasis web dan BMS digunakan untuk menganalisis sistem berjalan dan mengidenfitikasi kebutuhan sistem. Model sistem E-Commerce ini telah diujikan pada toko Asri Konveksi Collection. Hasil pengujiannya adalah mendapatkan model sistem E-Commerce yang sesuai dengan kebutuhan toko Asri Konveksi Collection. Model sistem e-commerce berbasis web yang dikembangkan telah diuji langsung ke user, hasil pengujian yang didapatkan adalah cukup bagus.
Downloads
References
D. A. D. Nasution, E. Erlina, and I. Muda, “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia,” J. Benefita, vol. 5, no. 2, p. 212, 2020.
T. Ingmukti and G. Triyono, “Penerapan E-Commerce Dengan Menggunakan Content Management System ( Cms ) Pada Hilookx Hijab,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 207–214, 2019.
I. I. Prasetya, and A. Widjaja, “Penerapan E-Commerce Berbasis Wordpress untuk Penjualan pada Distro ID Clothing,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, 2(6), 2019, 307–312.
W. A. Putra, and L. L. Hin, “Penerapan E-Commerce untuk Memperluas Jangkauan Pasar Pada Toko Batik Marissa Dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, 2(6), 2019, 286–292.
W. D. Cahyo, and G. Triyono, ”Penerapan E-Commerce berbasis Content Management System (CMS) untuk Penjualan Pakaian Pada Toko Chipindwear,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, 2(6), 2019, 435–411
W. Diphayana, “Perdagangan Internasional.” Yogyakarta: Deepublish, 2018.
N. F. S. Hasyim, “Technopreneurship Membentuk Karakter Entrepreneur Muda Yang Sukses,” Yogyakarta: Deepublish, 2016.
H. Himawan, A. Saefullah, and S. Santoso, “analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif,” Scientific Journal of Informatics, 1(1), 2014, 53– 63.
M. Pradana, “Klasifikasi Bisnis E-Commerce di Indonesia,” Modus, 27(2), 2015, 163–174.
A. Osterwalder, and Y. Pigneur, “Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers,” Hoboken: John Wiley & Sons, 2010.
R. S. Wazlawick, Object-Oriented Analysis and Design for Information Sistems, vol. 4, no. 1. United States of America: Elsevier Editora, 2016.
R. Abdulloh, “Trik Membuat CMS Website Dari Nol,” PT. Elex Media Komputindo, 2016.
G. S. Spais, “Search Engine Optimization (SEO) as a Dynamic Online Promotion Technique : The Implications of Activity Theory for Promotion Managers,” Innov. Mark., vol. 6, no. 1, pp. 7–24, 2010.
Copyright (c) 2021 Rizka Pitriyani, Gandung Triyono, Sudiyatno Yudi Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.