IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN PADA INDAH JAYA SPORT

  • Agy Nugroho Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Content Management System, SEO, CMS, Search Engine Optimization, Indah Jaya Sport

Abstract

Dengan semakin majunya teknologi, membuat jaman berubah dan sangat mudah untuk menyampaikan informasi, hingga kondisi pasar saat ini sudah mulai beralih memanfaatkan teknologi untuk sarana penyampaian informasi. Namun sangat disayangkan toko Indah Jaya Sport masih belum menggunakan teknologi untuk fasilitas penyampaian data serta promosi, Indah Jaya Sport adalah toko yang menjadi salah satu sarana untuk membeli alat olahraga untuk para pelanggan seperti olahragawan, atlet atau pelanggan yang memerlukan alat untuk berolahraga. Karena Indah Jaya Sport belum memanfaatkan teknologi, hal itu menyebabkan kurang luasnya jangkauan pasar pada toko Indah Jaya Sport dan mengakibatkan calon pelanggan kekurangan informasi tentang toko Indah Jaya Sport.  Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode business model canvas untuk menganalisa model pengembangan bisnis yang ada pada toko Indah Jaya Sport dan implementasi e-commerce menggunakan content management system (CMS) serta menyiapkan strategi search engine optimization dan pemasaran agar dapat memperluas jangkauan pemasaran dan memberi kemudahan dalam mengakses informasi untuk calon pelanggan pada toko Indah Jaya Sport. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan adanya website e-commerce, toko Indah Jaya Sport memiliki sarana untuk melakukan promosi dan sarana penyampaian informasi dengan menggunakan fitur Search Engine Optimization dan fitur-fitur lainnya yang terdapat pada website e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce pada Surya Timur Collection dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Berbasis Content Management System (CMS),” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 251–259, 2020.

E. Yulianto and A. Mauluddin, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Customer (B2C) pada Industri Garment,” In Search, vol. 18, no. 01, pp. 124–136, 2019.

A. Sofyan, E. Ferdianto, R. Rahmawati, and R. K. Aldi, “Pengaruh Search Engine Optimization (SEO) dan Riset Kata Kunci Terhadap Pendapatan Toko Online,” Indonusa Conf. Technol. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 351–356, 2019.

A. Widyanto and H. Patrie, “Implementasi Penjualan Bebasis E-Commerce Pada Toko Synergie Motor,” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 92–100, 2020.

T. dwi Alperdo and G. Gata, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Business Model Canvas dan Ifml pada Distro Mr Bro,” Jurnal IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 369–376, 2019.

T. A. Putra and Y. Santoso, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online Pada Toko Tatashops,” Jurnal IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 1–7, 2019.

L. A. Kurniawan, “Wordpress Dalam Perkuliahan Kepenulisan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,” Sasindo J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indonesia, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2019.

D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified Modelling Language ( UML ) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TEKNOIF, vol. 7, no. 1, pp. 32–39, 2019.

E. Revsie Akbar and H. Irawan, “Analisis dan Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress pada Queenita Classic,” Jurnal IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 107–116, 2021.

E. D. Wawolumaya, D. L. Tampi, and J. J. Rogahang, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan pada Rose Collection Manado,” Productivity, vol. 1, no. 2, pp. 134–141, 2020.

Published
2021-07-15
How to Cite
[1]
A. Nugroho and H. Irawan, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN PADA INDAH JAYA SPORT”, IDEALIS, vol. 4, no. 2, pp. 137-146, Jul. 2021.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)