IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA KIOS KELINCI PETANI MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

  • Muhamad Alfi Fauzan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Yuliazmi Yuliazmi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Kios Kelinci Petani, Business Model Canvas, Search Engine Optimization (SEO), Penjualan Kebutuhan Hewan Peliharaan

Abstract

Kelinci Petani adalah Kios yang didirikan pada tahun 2017, Kios Kelinci Petani adalah Kios yang menjual kebutuhan untuk hewan peliharaan, Kios Kelinci Petani menjual kebutuhan hewan peliharaan dengan cara berjualan konvensional dan menggunakan marketplace. Tidak hanya menjual kebutuhan hewan saja, Kios ini juga menyediakan jasa grooming khusus untuk kelinci. Hal ini tentu saja menjadi nilai lebih pada Kios Kelinci Petani dalam memberikan layanan kepada pelanggan Kios Kelinci Petani. Masalah yang terjadi pada Kios Kelinci Petani yaitu sulit untuk melakukan promosi produk yang akan dijual pada jangkauan pemasaran yang lebih luas, dan sulit untuk memasarkan produk yang tidak terjual atau persediaan lama. Di zaman yang serba teknologi ini penulis melakukan penelitian pada masalah tersebut dan mendapat solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan sistem e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) yaitu tools dari wordpress sebagai solusi pemecahan dari masalah yang terjadi. Dalam penelitian ini, penulis memakai metode Business Model Canvas (BMC) serta menyiapkan strategi pemasaran menggunakan Search Engine Optimization (SEO) untuk mencakup pasar yang lebih luas untuk calon pelanggan pada Kios Kelinci Petani. Sebagai hasil dari penelitian ini, Kios Kelinci Petani memiliki sistem berupa website e-commerce yang memungkinkan Kios Kelinci Petani untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan di seluruh Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-15
How to Cite
[1]
M. Fauzan and Y. Yuliazmi, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA KIOS KELINCI PETANI MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)”, IDEALIS, vol. 4, no. 2, pp. 223-231, Jul. 2021.
Section
Table of Content