MODEL SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PERPANJANGAN KONTRAK KERJA MOTIVATOR MENGGUNAKAN METODE SAW PADA YAYASAN PENGEMBANGAN ANAK INDONESIA BIMBA AIUEO

  • Rizki Sanjaya Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Simple Additive Weighting, Perpanjangan Kontrak Kerja Motivator, Decision Support System, BIMBA AIUEO

Abstract

Yayasan Pengembangan Anak Indonesia biMBA-AIUEO adalah sebuah lembaga pendidikan anak usia dini non- formal yang berada di bawah naungan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI). Setiap tahun diadakan seleksi penerimaan calon pendidik baru untuk membantu kegiatan belajar mengajar. Yayasan Pengembangan Anak Indonesia biMBA AIUEO memiliki metode tersendiri dalam menentukan perpanjangan kontrak kerja motivator yang dinyatakan lulus dalam tes evaluasi kompetensi dasar motivator. Saat ini, pengolahan data evaluasi kompetensi dasar motivator sudah terkomputerisi, namun hanya menggunakan aplikasi Excel dan belum menggunakan rumus-rumus bisnis / formula otomatis yang ada di dalam aplikasi tersebut sehingga menyebabkan pengolahan data penilaian motivator membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, tenaga administrasi yang belum familier dengan penggunaan teknologi informasi juga menjadi penyebab pengolahan data evaluasi kompetensi dasar motivator menjadi lama. Berdasarkan kondisi diatas, maka peneliti mengusulkan untuk membangun sebuah sistem penunjang keputusan guna membantu pihak manajemen dalam menentukan perpanjangan kontrak kerja motivator. Penelitian ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk menghitung bobot preferensi untuk setiap setiap kriteria penilaian. Alasan peneliti menggunakan metode tersebut dikarenakan nilai bobot evaluasi kompetensi dasar motivator untuk setiap kriteria sudah diketahui berdasarkan hasil wawancara dengan pihak manajemen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : wawancara, pengamatan langsung (observasi), dokumentasi dan angket kuesioner. Sistem penunjang keputusan ini dibuat dengan menggunakan MySQL sebagai database dan Microsoft Visual Studio 2008 sebagai tool untuk pembuatan aplikasi. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan prototipe sistem penunjang keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) guna menentukan perpanjangan kontrak kerja motivator berdasarkan hasil penilaian evaluasi kompetensi dasar motivator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewanto, Sistem Penunjang Keputusan Investasi Saham dengan Metode SAW di Bursa Efek Jakarta. Jakarta: Teknik Informatika Universitas Esa Unggul, 2015.

F. Frieyadie, “Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 2(25), 2016.

S. and W. Primahudi, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting di PT. Herba Penawar AlWahida Indonesia,” JIMP – J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2(1), 2016.

A. G. and et. al. Anto, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW,” JUITA, vol. 3(4), 2015.

A. U. Aini, Riadhotun Nurul and Hamdani, “Perancangan Model SPK Dalam Penilaian Guru Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy dan SAW Studi Kasus : SDIT Yasir Cipondoh,” J. Idealis, vol. 2(2), 2019.

S. Gunawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Pada SMA Negeri 2 Kutacane dengan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” J. Pelita Inform. Budi Darma, vol. 9(3), 2015.

R. Setyani, R. E., & Saputra, “Flood-prone Areas Mapping at Semarang City by Using Simple Additive Weighting Method,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 227, no. 378–386, 2016.

D. Sunyoto, Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2013.

H. Asmoko, Teknik Ilustrasi Masalah-Fishbone Diagrams. Magelang: BPPK, 2013.

Published
2021-07-15
How to Cite
[1]
R. Sanjaya and A. Hamdani, “MODEL SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PERPANJANGAN KONTRAK KERJA MOTIVATOR MENGGUNAKAN METODE SAW PADA YAYASAN PENGEMBANGAN ANAK INDONESIA BIMBA AIUEO”, IDEALIS, vol. 4, no. 2, pp. 167-176, Jul. 2021.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)