PEMODELAN E-COMMERCE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM
Abstract
Pengembangan e-commerce memungkinkan sebuah bisnis berlangsung secara daring baik itu untuk kegiatan penjualan, pembelian, ataupun pemasaran. E-commerce mempu menyediakan informasi yang paling terkini mengenai produk atau jasa yang disediakan. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19 mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat. Hal ini langsung berdampak pada pelaku usaha, salah satunya adalah toko Loro Blonyo, toko ini merupakan usaha kecil yang bergerak dalam bidang penjualan dan pemasaran pakaian dan kerajinan batik. Diperlukan model e-commerce berbasis web untuk mengatasi permasalahan pada toko Loro Blonyo, mengingat pada saat ini telah terjadi pergeseran pola atau kebiasaan masyarakat dalam berbelanja dari offline ke online. Model e-commerce berbasis web dikembangkan dengan menggunakan CMS dan BMS. CMS digunakan untuk mengembangkan mode e-commerce berbasis web dan BMS digunakan untuk menganalisis sistem berjalan dan mengidentifikasi kebutuhan sistem yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah mendapatkan model e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan toko Loro Blonyo. Model e-commerce berbasis web yang dikembangkan telah diuji langsung ke user, hasil pengujian yang didapatkan adalah cukup bagus.
Downloads
References
A. Guntoro, and G. Triyono, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) dengan Metode Business Model Canvas (BMC) pada Konveksi Gamis Tawakal,” IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 2(5), 2019, 16–22.
J. G. Rizal, https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all, 2020.
I. I. Prasetya, and A. Widjaja, “Penerapan E-Commerce Berbasis Wordpress untuk Penjualan pada Distro ID Clothing,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, 2(6), 2019, 307–312.
W. A. Putra, and L. L. Hin, “Penerapan E-Commerce untuk Memperluas Jangkauan Pasar Pada Toko Batik Marissa Dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, 2(6), 2019, 286–292.
W. D. Cahyo, and G. Triyono, ”Penerapan E-Commerce berbasis Content Management System (CMS) untuk Penjualan Pakaian Pada Toko Chipindwear,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, 2(6), 2019, 435–411
W. Diphayana, “Perdagangan Internasional.” Yogyakarta: Deepublish, 2018.
N. F. S. Hasyim, “Technopreneurship Membentuk Karakter Entrepreneur Muda Yang Sukses,” Yogyakarta: Deepublish, 2016.
H. Himawan, A. Saefullah, and S. Santoso, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif,” Scientific Journal of Informatics, 1(1), 2014, 53– 63.
M. Pradana,. “Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia,” Modus, 27(2), 2015, 163–174.
A. Osterwalder, and Y. Pigneur, “Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers,” Hoboken: John Wiley & Sons, 2010.
R. Abdulloh, “Trik Membuat CMS Website Dari Nol,” PT. Elex Media Komputindo, 2016.
A. Veglis, and D. Giomelakis, “Search Engine Optimization. Multidisciplinary Digital Publishing Institute,”, 2020.
Copyright (c) 2021 Rinto Prasetyo Adi, Gandung Triyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.