IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA DISTRO BETAWI BOYS
Abstract
Distro Betawi Boys adalah usaha bisnis dalam bidang fashion khususnya T-Shirt, Hoodie, dan Crewneck dengan desain Betawi modern. Pemilik toko menjual produknya melalui offline dan media sosial. Dimana pada saat kondisi pandemic COVID-19 ini, masyarakat dibatasi aktifitasnya, sehingga sulit melakukan pembelian langsung ke toko. Beberapa kendala yang dihadapi oleh Distro Betawi Boys, antara lain pelanggan yang tidak dapat datang langsung ke toko dimasa pandemic COVID-19, sehingga terjadi penurunan penjualan. Selain itu, media promosi penjualan dan pemasaran yang kurang maksimal melalui media sosial, masih melalui orang ke orang dan dari brosur atau spanduk. Kendala lain, proses transaksi belum menyediakan kwitansi pembayaran sehingga belum adanya bukti penjualan dan pembayaran untuk pelanggan. Kendala lainnya, pencatatan penjualan yang belum tersimpan dengan baik, sehingga memakan waktu lebih lama untuk update stock produk. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, dibutuhkan media tambahan sebuah e-commerce berbasis website. Dalam pengembangan e-commerce menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa kekuatan dan kekurangan bisnisnya. Perancangan sistem menggunakan metode Unifield Modeling Language (UML), dan websitenya menggunakan Content Management System (CMS) dengan Wordpress. Website e-commerce juga akan dioptimalisasi dengan penerapan teknik Search Engine Optimization (SEO), untuk membuat website berada di halaman awal pada mesin pencari, sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan situs tersebut. Website e-commerce yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dan mempermudah pembelian secara online terutama dimasa pandemic COVID-19, tanpa harus datang langsung ke toko. Penerapan SEO dan marketing pada website e-commerce, memudahkan ditemukan pada mesin pencari, dan memperluas pemasaran melalui internet. Website e-commerce yang dihasilkan, juga dapat menyajikan bukti penjualan dan pembayaran informasi untuk konsumen, melalui notifikasi email, serta menampilkan stok produk untuk mengetahui update produk baru kepada calon pelanggan
Downloads
References
S. Kosasi, “Pembuatan sistem informasi penjualan berbasis web untuk memperluas pangsa pasar,” Pros. Snatif, pp. 225–232, 2014.
G. A. P. Noor and Samsinar, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran Produk Pada Lumi,” J. IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 552–559, 2020.
D. Susandi and S. Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, pp. 5–8, 2017, doi: 10.30656/jsii.v4i0.368.
S. Wasiyanti and D. Barkah, “Sistem Informasi Penjualan Baju Berbasis Web Pada Project Distro Depok,” J. Perspekt., vol. 16, no. 2, pp. 125–135, 2018.
T. dwi Alperdo and G. Gata, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Business Model Canvas Dan Ifml Pada Distro Mr Bro,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 369–376, 2019.
Y. M. Kristania, “Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Distro Pak Eko),” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 7, no. 2, 2019, doi: 10.31294/evolusi.v7i2.6197.
R. Pitriyani, G. Triyono, and S. Y. Nugroho, “Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (Cms),” J. IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2021, [Online].
R. R. Rerung, E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish, 2018.
V. Vysotska, V. B. Fernandes, and M. Emmerich, “Web Content Support Method in Electronic Business Systems.,” in COLINS, 2018, pp. 20–41.
H. Stern, D. Damstra, and B. Williams, Professional WordPress: Design and Development. John Wiley & Sons, 2010.
A. Osterwalder and Y. Pigneur, Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. John Wiley & Sons, 2010.
Copyright (c) 2022 Fatur Ristia, Anita Diana, Atik Ariesta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.