PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN PRODUK PADA JTBBEKASI
Abstract
Jtbbekasi adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan jam tangan, yang telah berdiri sejak tahun 2019. Jtbbekasi saat ini hanya mengandalkan media marketplace yang ada. Pada masa pandemi Covid-19 ini, Jtbbekasi mengalami penurunan penjualan dengan banyaknya persaingan penjualanan online. Terdapat beberapa masalah pada proses berjalannya di Jtbbekasi, antara lain kurang maksimalnya media pemasaran yang hanya mengandalkan media marketplace dan Whatsapp. Kemudian masalah lain yaitu, tidak adanya website resmi dari toko, dengan mengandalkan media marketplace dan Whatsapp saja, sehingga rasa kepercayaan pelanggan kurang. Masalah lainnya adalah pencatatan data yang masih ditulis dibuku, sehingga terjadi kekeliruan dalam proses pengerjaan pemesanan ataupun perhitungannya. Untuk itu, Jtbbekasi membutuhkan media tambahan berupa website e-commerce, untuk perluasan jangkauan pemasaran produk. Dalam penerapan e-commerce ini, metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) untuk perencanaan model bisnisnya dengan berbasis Content Management System (CMS) untuk website e-commerce. Kemudian website e-commerce akan diterapkan teknik Search Engine Optimization (SEO), untuk menjadikan situs web tersebut dapat berada di halaman awal mesin pencari yang mempermudah pencarian. Penelitian ini bertujuan membangun website e-commerce agar mampu meningkatkan penjualan produk, pemasaran akan menjadi lebih maksimal dan data tersimpan aman dalam database yang terintegritasi dalam satu sistem, serta informasi yang dihasilkan menjadi lebih informatif. Pelanggan juga dengan mudah mendapatkan informasi produk dan harganya, serta mengetahui update informasi produk terbaru.
Downloads
References
S. Kosasi, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar,” in Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014, 2014, pp. 225–232.
Ragil Sapto Aji Winoto, “Pembangunan Aplikasi Penjualan Online pada Toko Jam Tangan AMPM Watch,” in Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer (Seruni) FTI UNSA, 2013, vol. 2, no. 1, pp. 43–47.
R. Hidayat, “Aplikasi Penjualan Jam Tangan Secara Online Studi Kasus: Toko Jamboreshop,” J. Tek. Komput., vol. III, no. 2, pp. 90–96, 2017.
S. Ahmadi, “Sistem Informasi Penjualan Jam Pada Toko Permata Indah Tigo Kabupaten Indragiri Hilir Berbasis Web,” J. Sist. Inf., vol. 7, no. 3, p. 259, 2018, doi: 10.32520/stmsi.v7i3.250.
A. Nurdin and I. Darwati, “Perancangan Web E-Commerce Pada Penjualan Jam Tangan,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 3, no. 1, pp. 74–79, 2017.
A. Apriyanto and T. S. Ramadhan, “Perancangan Sistem Penjualan Jam Tangan Pria Berbasis Web,” in Simnasiptek 2017, 2017, pp. 40–41.
E. Y. Anggraeni and R. Ratnasari, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Pada Toko Jam Tangan Alexander Cristie,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 2, no. 0, pp. 20–25, 2014.
R. R. Rerung, E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish, 2018.
V. Vysotska, V. B. Fernandes, and M. Emmerich, “Web Content Support Method in Electronic Business Systems.,” in CEUR Workshop Proceedings, 2018, pp. 20–41.
H. Stern, D. Damstra, and B. Williams, Professional WordPress : Design and Development. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, 2010.
A. Osterwalder and Y. Pigneur, Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. John Wiley & Sons, 2010.
Copyright (c) 2022 Yandika Gema, Anita Diana, Dwi Achadiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.