ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA IRFANA BATIK TENUN

  • Rendy Abdullah Malik Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahya Putra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, BMC, IRFANA BATIK TENUN, Sistem Informasi Penjualan

Abstract

Abstrak-Kemajuan Teknologi Informasi saat ini telah mempermudah manusia untuk memenuhi kebutuhannya, teknologi telah membantu manusia dalam berbagai hal tidak terkecuali dalam hal perdagangan. Penggunaan internet saat ini bukan hanya dimanfaatkan untuk sekedar mencari informasi, menggunakan sosial media namun dimanfaatkan juga untuk melakukan bisnis. E-Commerce merupakan pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi informasi khususnya komputer, handphone, laptop dan internet. Irfana Batik Tenun merupakan bisnis yang melakukan pejualan batik. Dalam melakukan aktivitasnya masih memiliki beberapa kendala diantaranya lokasi yang saat ini hanya ada satu membuat pelanggan yang iasanya dating ke lokasi sekarang banyak yang beralih untuk belanja secara online, promosi yang terbatas membuat pelanggan untuk beralih ke penjual yang mempromosikan produknya secara online. Untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan penjualan dan pemasaran produk pada Irfana Batik Tenun maka dibuatlah rancangan sistem informasi berbasis web, sehingga promosi dan penjualan dapat dilakukan secara online dan meluakan promosi agar pelanggan dapat memiliki produk yang dipasarkan oleh Irfana Batik Tenun. Dengan adanya pemasaran dan promosi secara online diharapkan Irfana Batik Tenun mendapatkan pelanggan baru serta meningkatkan volume penjualan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elisabet Yunaeti Anggraeni dan Rita Irviani, “Pengantar Sistem Informasi”, Andi: Yogyakarta, 2017.

Jeperson Hutahaean, “Konsep Sistem Informasi”, Deepublish: Yogyakarta, 2016.

Rintho, Rante Rerung., “E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi”. Deepublish: Yogyakarta, 2017.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D”, CV Alfabeta: Bandung, 2017.[5]Muharto, dan Ambarita Arisandy, “Metode Penelitian Sistem Informasi”, Deepublish: Yogyakarta, 2016.

Aji, B., Wilopo, dan Nuralam, I.P. Implementasi Value Proposition Dalam Penerapan Strategi Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis(JAB), 2017, Vol.53 No.1, pp. 21-30.

Bagaskara, Riyan 2018.Apa yang dimaksud dengan Diagram aktivitas atau Activity Diagram?. available at : https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengandiagram-aktivitas-atau-activity-diagram/15129. Diakses pada tanggal 10Desember 2021

Sri Mulyani, “Metode Analisis dan Perancangan Sistem”, Edisi Kedua, Bandung, Abdi Sistematika, 2016.

Sukamto, & Shalahuddin, “Analisa dan Desain Sistem Informasi”,Andi Offset : Yogyakarta, 2018.

Joo, Heonsik..A Study on Understanding of UI and UX, and Understanding of Design According to User Interface Change. India: Research India Publication, 2017, pp. 1.

Published
2022-01-18
How to Cite
[1]
R. Malik, D. Anubhakti, and B. Putra, “ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA IRFANA BATIK TENUN”, IDEALIS, vol. 5, no. 1, pp. 1-8, Jan. 2022.

Most read articles by the same author(s)