SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN MERK LAPTOP TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

  • Jihan Namira Adzani Ramadina Universitas Nusa Mandiri
  • Eka Rini Yulia Universitas Nusa Mandiri
Keywords: Pemilihan Merk Laptop, AHP, Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

Komputer salah satunya laptop telah melewati berbagai proses lebih cepat saat ini. Baik itu dari desain maupun hardware, dan software. Dengan adanya perkembangan zaman, kemampuan laptop akan mempengaruhi harga laptop. Semakin tinggi spesifikasi, semakin tinggi pula harganya dan tentunya sudah memiliki kegunaan yang terbilang diatas. Oleh karena itu, banyak mahasiswa atau mahasiswi dan orang-orang bingung untuk menentukan pilihan merk laptop terbaiknya. Sistem penunjang keputusan adalah salah satu cara atau solusi dari suatu perbuatan untuk memecahkan suatu masalah. Pada akhirnya, dari pemecahan masalah ini dapat diselesaikan dengan baik, efisien dan efektif menggunakan metode AHP. Dari hasil perhitungan, laptop yang sangat popular dan diminati merupakan laptop acer dengan prosentase 40%. Kemudian populer kedua merupakan Laptop HP dengan prosentase 35%. Populer ketiga, Laptop Dell prosentase 14%. Posisi terakhir adalah dari segi Ukuran Layar, mendaptkan prosentase 11%. Berdasarkan hasil penelitian serta prosentase yang didapat, bisa disimpulkan bahwa laptop acer paling diminati dari berbagai merk laptop.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Su. Fahrezzy and A. F. M. Trenggana, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LAPTOP ASUS,” Jurnal Indonesia Membangun , vol. 17, no. 2, pp. 174–183, 2018

S. Sunarsa and I. H. Rani, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Karyawan Pada PT. Indotekno Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process," Jurnal JITK, vol. 2, no. 1, pp. 5-10, 2016.

M. N. S. Kastawi and S. Widodo, "Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Model Manajemen Pendidikan Menengah," Kelola Jurnal Menajemen Pendidikan, vol. 4, no. 2, 2017.

V. B. Setyo Adi and E. Suryawardana, "Perilaku Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Ojek Online Di Semarang," Jurnal Ilmiah Solusi, vol. 16, no. 4, 2018.

E. A. Riyanto and T. Haryanti, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TELLER POOLING TERBAIK PADA PT. BCA," Jurnal Pilar, vol. 13, no. 1, pp. 128-135, 2017.

A. t. Priandika, "Model Penunjang Keputusan Penyeleksian Pemberian Beasiswa Bidikmisi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process," Jurnal Teknoinfo, vol. 10, no. 2, 2016.

M. Ridwan, M. F. Aponno and J. Pelupessy, "Perhitungan Dan Penyajian Laporan Penjualan Menggunakan Pivot Table Pada Ud. Multi Tehnik," Jurnal Maneksi, vol. 9, no. 1, 2020.

frieyadie, “Analytical Hierarchy Process (AHP),” http://frieyadie.web.id/analytical-hierarchy-process-ahp/, Aug. 27, 2016.

A. E. Munthafa and H. Mubarok, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi,” Jurnal Siliwangi, vol. 3, no. 2, 2017.

G. P. Sanyoto, R. I. Handayani, and E. Widanengsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode AHP (Studi Kasus: Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud),” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, 2017.

Published
2022-01-18
How to Cite
[1]
J. Ramadina and E. Yulia, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN MERK LAPTOP TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)”, IDEALIS, vol. 5, no. 1, pp. 59-68, Jan. 2022.