PENERAPAN APLIKASI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PERFORMA KARYAWAN OUTSOURCING TERBAIK DEPARTEMEN IT DEVELOPMENT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PT.EDI INDONESIA

  • Moch Alvian Dwi Lestari Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja
Keywords: SPK, PT.EDI Indonesia, SPK Performa Karyawan, SAW

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, penting untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) untuk memastikan kinerja terbaik dari karyawan outsourcing. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, termasuk kinerja dan sikap mereka. Untuk menaikan kualitas sumber daya manusia (SDM), dibutuhkan evaluasi terhadap kinerja pegawai outsourcing secara berkala.Dengan melakukan ini, kami dapat membantu memacu karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka. Bagian pengembangan TI PT.EDI Indonesia belum melakukan dengan baik dalam proses pemeringkatan dan penilaian kinerja karena belum menerapkan sistem yang dapat membantu proses pengambilan keputusan dan penilaian karyawan outsource terbaik. Penelitian ini memberikan rekomendasi sistem pendukung keputusan yang dapat membantu melakukan perhitungan semua kriteria pengambilan keputusan untuk memudahkan proses pengambilan keputusan untuk menentukan pengembangan karyawan outsourcing terbaik di PT. EDI Indonesia mengirimkan newsletter setiap bulan. Dalam menentukan karyawan outsourcing terbaik, di departemen it development, SPK memakai prosedur SAW guna memutuskan karyawan outsourcing terbaik di departemen pengembangan TI. Keenam kriteria yang digunakan merupakan pengetahuan kerja, inisiatif, produktivitas, kerjasama, tanggung jawab, dan disiplin. Hypertext Preprocessor (PHP) dan MySQL database digunakan sebagai bahasa pemrograman dalam perancangan DDS ini. DDS bisa digunakan guna mengolah informasi pegawai outsourcing dari proses entry data pegawai outsourcing, proses entry evaluasi pegawai outsourcing, dan proses perhitungan pegawai outsourcing. Dengan memakai metode SAW sehingga dapat menentukan proses pemeringkatan dan evaluasi, dapat melakukan dengan baik sesuai dengan nilai, bobot, dan kriteria yang ada, dan hasil yang  didapatkan akan lebih objektif dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-22
How to Cite
[1]
M. Dwi Lestari and A. Widjaja, “PENERAPAN APLIKASI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PERFORMA KARYAWAN OUTSOURCING TERBAIK DEPARTEMEN IT DEVELOPMENT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PT.EDI INDONESIA”, IDEALIS, vol. 5, no. 2, pp. 108-117, Jul. 2022.
Section
Table of Content