PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB E-COMMERCE PADA TOKO FEBRIYANAHELMET
Abstract
Febriyanahelmet merupakan toko yang menjual berbagai produk helm kendaraan bermotor, dalam menjalankan usahanya toko mengalami kendala seperti tidak adanya kegiatan promosi produk, calon pembeli tidak bisa melihat ketersediaan stok helm, dan lamanya waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan penjualan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut solusinya dengan merancang sistem informasi penjualan online berbasis e-commerce menggunakan alat bantu wordpress yang merupakan bagian dari content management system dan tambahan plugin woocommerce. Dalam penelitan ini untuk analisa proses bisnis penjualan online menggunakan Business Model Canvas dan untuk keperluan promosi menggunakan bantuan teknik optimasi mesin pencari agar website e-commerce tampil dalam halaman depan search engine. Adapun keluaran dalam penelitian ini adalah sebuah toko online berupa e-commerce website yang dapat diakses secara daring kapan saja dan darimana saja, sehingga dapat mempermudah pemilik toko dalam mengelola bisnisnya. dengan penerapan e-commerce ini maka dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan promosi, memudahkan pelanggan dalam mencari informasi stok barang, dan mempermudah pemilik dalam menampilkan laporan-laporan.
Downloads
References
[2] N. Hardiyanto, A. Indra Gunawan, W. Rafdinal, and N. Choirul Afif, “Analisis Perilaku Belanja Online Selama Masa Pandemi COVID-19,” J. Ris. Bisnis dan Investasi, vol. 6 no 3, pp. 120–130, 2020.
[3] R. Abdulloh, Trik Mudah Membuat CMS Website dari Nol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.
[4] I. Handayani, E. Febriyanto, and M. Shofwatullah, “Optimalisasi VisibilitasSitus iLearning Journal Center (iJC) pada Mesin Pencari Berbasis Search Engine Optimization (SEO) On Page,” Sains dan Teknol. Inf., vol. 5 no 1, pp. 27–35, 2019.
[5] Marini and Sarwindah, “Implementasi Web Elektronik (E-Commerce) di Toko Pecah Belah Center Dalam
Meningkatkan Persaingan Bisnis Perdagangan,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 4, 2020.
[6] A. Saubani, E. R. Nainggolan, and S. N. Khasanah, “Perancangan E-Commerce Berbasis Web pada PT. Touch
Technology Indonesia,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, 2019
[7] P. S. P. Aruningtyas, P. Haribowo, and Jumi, “Rancang Bangun E-Commerce Berbasis Web Responsive dan Mobile Android Pada UMKM Aikori Natural Leather Bag Semarang Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” J. JOBS, vol. 5, 2019.
[8] Zulkarnain, M. Guruh Saputra, and D. Silvia, “Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada PT Pitu Kreatif Berkah,” J. Ind. Serv., vol. 6 no 1, pp. 55–61, 2020.
[9] A. Aminuddin, “Implementasi Unified Modeling Language (UML) Pada Perancangan Aplikasi Wifitalkie Berbasis TCP/IP,” J. Sist. Inf., vol. 8 no 2, pp. 265-275, 2019.
[10] S. Nidaul Khasanah, FataRofiah and D. Setiyadi, “Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan
Antarmuka Ecommerce Penjualan Pupuk Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups,” J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 3 no 2, pp. 14–23, 2019.
[11] H. H. Batubara, Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish, 2018
Copyright (c) 2022 Gegap Putra Bangsa, Humisar Hasugian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.