PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN BERBASIS WEB PADA PT.TRIAS INSAN MADANI

  • Lydia Salvina Fakultas Teknik dan Informatika, Sistem Informasi Akuntansi, Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta, Indonesia
  • Iman Zlani Fakultas Teknik dan Informatika, Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Bogor, Bogor, Indonesia
Keywords: Sistem Informasi, Penggajian, Waterfall, Keuangan, Manajemen, Presensi

Abstract

Gaji adalah salah satu bentuk balas jasa yang diterima oleh seorang karyawan atas apa yang sudah dikerjakannya. Pembayaran gaji yang tepat waktu dan baik merupakan salah satu faktor yang mendorong karyawan untuk meningkatkan kinerja dalam membantu kemajuan perusahaan. PT. Trias Insan Madani adalah perusahaan swasta yang bergerak dibidang pengerahan tenaga kerja. Perusahaan ini berusaha untuk mengatur manajemen keuangannya dengan baik, salah satunya dengan cara mengatur pembayaran jasa karyawannya tepat waktu sesuai dengan data yang dimiliki. Permasalahan mengenai banyaknya dokumen yang tidak tertata dengan baik, membuat proses pembayaran gaji agak terhambat. Hal ini kemudian diatasi dengan membangun sistem informasi penggajian yang tujuannya memudahkan karyawan dalam melakukan presensi, begitu pula pihak manajemen dapat memperoleh informasi yang selalu terbaru dan akurat kapan pun. Metode pengembangan perangkat lunak yang dipergunakan adalah model waterfall atau air terjun dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tanya jawab dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menciptakan beberapa table yang dipergunakan untuk menyimpan dan mengolah data yang terkait dengan sistem informasi penggajian. Data yang akurat dan selalu upto date memberikan keuntungan bagi pihak manajemen dalam menyusun rencana strategis perusahaan dan pada proses pengambilan keputusan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] N. Rokhmah, S. Julaeha, A. Triyanto, and Y. R. Rozana, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Buku II. Zahira Media Publisher, 2021.
[2] H. Agustin, “Sistem Informasi Manajemen Menurut Prespektif Islam,” J. Tabarru’ Islam. Bank. Financ., vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2018.
[3] Syncore, “PENTINGNYA TEKNOLOGI INFORMASI DALAM ORGANISASI,” BLUD syncore.co.id, 2020. https://blud.co.id/wp/pentingnya-teknologi-informasi-dalam-organisasi/.
[4] A. Widarma and H. Kumala, “Perancangan Gaji Karyawan Pada PT. PP London Sumatra.Tbk,” J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, p. 166, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/303.
[5] N. Aksin, “Upah Dan Tenaga Kerja (Hukum Ketenagakerjaan Dalam Islam),” J. Meta-Yuridis, vol. 1, no. 2, 2018.
[6] N. Shyreen A, A. Fauzi, L. Oktarina, F. Aditya A, B. Febrianti, and A. Asmarani, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan: Gaji, Upah dan Tunjangan (Literature Review Akutansi Manajemen),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 4, pp. 463–473, 2022.
[7] H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurniawan, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2020.
[8] R. Supriati, P. R. Priyadi, I. Sulastri, A. Rizky, and S. A. Adawiyah, “Pemanfaatan Teknologi Website Pada Perancangan Sistem Kepegawaian Dalam Mendukung Perhitungan Penggajian Di PT. Herda Sentosa Tangerang,” BEST J. (Biology Educ. Sains Technol., vol. 4, no. 2, pp. 28–39, 2021.
[9] A. Nurhadi, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Sistem Informasi Penyedia Asisten Rumah Tangga Secara Online,” vol. VI, no. 2, 2018.
[10] H. N. Putra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya,” Sink. J. dan Penelit. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 67–77, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/130.
[11] R. Abdillah, “Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta,” J. Fasilkom, vol. 11, no. 2, pp. 79–86, 2021, doi: 10.37859/jf.v11i2.2673.
[12] K. Setiawan, E. Retnoningsih, Herlawati, and E. Retnoningsih, “Sistem Informasi Persediaan , Pembelian dan Penjualan Barang Pada CV Evee Store Cileungsi,” J. Mhs. Bina Insa., vol. 2, no. 1, pp. 25–36, 2017.
[13] Supriyanta and I. Nurhayati, “Sistem Informasi Penjualan Secara Online Studi Kasus Pada Mechin Petshop Yogyakarta,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 8, no. 1, p. 6, 2018, [Online]. Available: https://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1559/1496.
Published
2023-01-15
How to Cite
[1]
L. Salvina and I. Zlani, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN BERBASIS WEB PADA PT.TRIAS INSAN MADANI”, IDEALIS, vol. 6, no. 1, pp. 47-57, Jan. 2023.